38,4 Hektar Kawasan Kumuh Kota Kendari Siap Ditata

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Penataan kawasan kumuh di wilayah Selatan Kota Kendari cukup masif. Tahun ini, wilayah ini kembali kebagian program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) skala kawasan. Luas kawasan yang akan ditetap sekitar 38,4 hektar. Penataan kawasan ini dibagi tiga segmen yakni, Pudai-Lapulu, Bungkutoko-Nambo dan Talia-Poasia. Program ini akan dimulai dari Pudai-Lapulu dengan luas areal penataan sekitar 14 hektar.

Pendamping Program Kotaku, Ahmad Ismail mengungkapkan, tahap awal program kotaku menyasar Kelurahan Pudai – Lapulu seluas 14 hektar. Namun sebelum pekerjaan dimulai, Pemkot Kendari diminta untuk menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan termasuk menyelasaikan permasalahan sosial yang berpotensi terjadi akibat intervensi kawasan. “Pemkot Kendari harus menyiapkan semua dokumen pendukung seperti UKL/UPL (Unit Pengelolaan Lingkungan Hidup/Unit Pemantauan Lingkungan Hidup) dan penanganan dampak sosialnya,” kata Ahmad Ismail.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kendari, Ridwansyah Taridala mengaku tengah menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan. Termasuk telah melakukan pendataan terhadap 52 warga yang terdampak dalam program tersebut.
“Kita sudah identifikasi warga yang terdampak dari rencana pembangunan ini. Maka dari itu kita sudah kumpulkan camat dan lurah supaya bisa bergerak serentak dilapangan untuk mediasi saudara kita yang merasa memiliki (lahan) untuk meninggalkan tempat itu (lokasi penataan),” ungkap Ridwansyah.

Pemindahan dilakukan untuk mengatasai masalah kekumuhan yang ditimbulkan akibat pemukiman baru tak berizin. Itu dibuktikan tak satupun warga dikawasan tersebut yang memililiki alas hak atas tanah dan bangunan. “Pendekatannya persuasif yang akan dimotori teman-teman di kecamatan dan kelurahan serta tokoh masyarakat,” kata Ridwansyah Taridala. Koordinator Kota (Korkot) Program Kotaku Kendari, Langkarisu mengaku pagu anggaran penataan skala kawasan di Kota Kendari sudah ditetapkan sebesar Rp 60 miliar. Anggaran tersebut untuk mengatasi masalah kekumuhan kawasan itu. (b/ags)

Program Kotaku Skala Kawasan
Pudai-Lapulu 14 Hektar
Bungkutoko-Nambo dan Talia-Poasia 24,4 Hektar
Total 38,4 Hektar

Item Pembenahan
Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
Pengerjaan Jalan Lingkungan
Perbaikan Saluran air (Drainase)
Pembangunan TPS 3R (Reusce, Reduce,Recyle)
Duiker Plat, Tempat Duduk dan Paving Block

Tinggalkan Balasan