Desa Labengki Terbaik di Sultra, Lolos 50 Besar ADWI 2024

KENDARINEWS.COM—Prestasi ditorehkan Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Salah satu Desa-nya yakni Labengki lolos 50 besar desa wisata terbaik.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, H. Belli Tombili bersyukur Provinsi Sultra berhasil meraih prestasi dikancah nasional pada sektor kepariwisataan. “Kita bersyukur Labengki bisa menjadi yang terbaik ditingkat nasional maupun di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ungkap Belli, kemarin.

Selain, Pulau Labengki kata Belli, terdapat tiga desa wisata terbaik yang masuk 100 besar desa wisata dalam Anugrah ADWI 2024. Ketiga desa itu yakni Desa Wisata Wasuemba (Buton), Desa Wisata Gaya Baru (Buton Selatan), dan Desa Wisata Limbo Bungi (Baubau).

“Kami harap masyarakat mendukung desa wisata yang ada di Sulawesi Tenggara sehingga bisa menjadi rujukan wisata ditanah air,” ungkap Belli.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengumumkan sebanyak 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia.

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan perjuangan menuju 50 besar desa terbaik cukup ketat. Pasalnya, 50 desa wisata terbaik ini berhasil mengalahkan sekira 6.016 desa di Indonesia.

“Untuk sampai di titik ini, perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan ribuan desa wisata lainnya. Ini membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga berharap, pemerintah daerah bisa mendukung keberadaan desa wisata diwilayahnya sehingga bisa menjadi opsi dan alternatif wisata ditanah air. “Jadi bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan tapi juga bisa mendukung perekonomian daerah disektor pariwisata,” pungkasnya.

Pulau Labengki Miniatur Raja Ampat

Pulau Labengki di Kabupaten Konawe Utara merupakan pulau dengan sejuta keindahan.   Wisata Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Bumi Anoa dan mirip dengan wisata Raja Ampat di Papua.

Pulau Labengki merupakan salah satu pulau dari ribuan pulau yang ada di Indonesia. Mungkin pulau ini masih asing di telinga namun keindahannya tidak kalah dengan wisata lain hingga banyak yang menyebut sebagai kepingan surga.

Miniatur Raja Ampat

Mengapa pulau ini dijuluki miniatur Raja Ampat? Hal itu dikarenakan pulau ini memiliki gugusan pulau kecil di sekitarnya. Walaupun hanya miniatur namun pulau ini juga memiliki keindahan tersendiri.

Teluk Cinta

Wisata Pulau Labengki memiliki teluk yang berbentuk hati. Teluk ini pastinya cukup unik dan Indah untuk dilihat. Pengunjung bisa melihat jelas bentuk teluk ini dengan melakukan treking ke tempat yang tinggi atau dengan menerbangkan drone. Waktu yang tepat untuk melihatnya adalah diwaktu air sedang surut.

Wisata Laut

Untuk sampai ke Pulau ini, pengunjung harus menaiki boat dari dermaga tanasa dengan waktu selama 2 jam, jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan Lumba-Lumba yang berenang di permukaan. Setelah berada di kawasan Pulau pengunjung juga bisa snorkling untuk menikmati kejernihan dan keindahan laut Pulau Labengki.

Blue Lagoon dan Pantai Pasir Merah

Di Pulau ini juga ada lagoon yang indah untuk snorkeling atau sekedar menikmati keindahannya dari atas. Pantai di sini juga cukup unik dengan pantai pasir merah ditambah dua buah kelapa kembar yang unik dari kelapa lainnya.

Pulau ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis penginapan, salah satunya adalah homestay. Jadi, pengunjung bisa bersantai lebih lama dengan nyaman di Pulau ini. Berkunjung dengan teman, pasangan maupun keluarga tetap menyenangkan.

Pulau Labengki Konawe Utara merupakan wisata yang patut menjadi list perjalanan wisata pengunjung. Keindahan layaknya kepingan surga ini sangat sayang jika dilewatkan. Untuk pengunjung yang suka dengan wisata alam, pulau Labengki sangat tepat untuk menjadi tujuan wisata. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan