Belum Terima BLT Tahap 4, Puluhan Warga Parigi Laporkan Kades ke Polisi

KENDARINEWS.COM–Sebanyak 61 orang warga Desa Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Muna melaporkan kepala desanya ke Polisi. Kades dilaporkan karena puluhan warga tersebut hingga kini belum menerima bantuan langsung tunai (BLT) tahap 4.

Kapolsek Parigi, Iptu Burhanuddin membenarkan adanya laporan masyarakat tersebutterkait perubahan data penerima BLT.

“Kami akan segera melakukan pengumpulan bukti-bukti. Apabila ada tindak pidananya, maka akan lakukan penyidikan, jika tidak akan dikembalikan ke pemerintah desa yang memiliki regulasi,” kata Burhanuddin, kemarin.

Perwakilan puluhan warga pelapor, La Kuji mengatakan bahwa pihaknya terpaksa melaporkan kadesnya karena ada dugaan perubahan data penerima BLT tanpa adanya musyawarah. Akibatnya, puluhan warga tersebut tidak menerima BLT tahap 4.

“Kami sudah laporkan kades di Polsek, terkait perubahan data dan penerima BLT. Karena seharusnya kami sudah menerima bantuan BLT tahap 4 pada bulan Desember 2023 lalu sebesar Rp. 900 ribu. Kalau ada pergantian nama tentu ada prosedurnya,” kata La Kuji.

Tempat sama, Sekertaris Desa Parigi, La Ode Abdul Rajab menjelaskan, BLT tahap 4 sudah cair pada 30 Desember 2023 lalu. Tetapi, persoalan laporan warga, sebelumnya ia sudah berkoordinasi dengan kades.

“Yang saya pahami penerima BLT itu berdasarkan laporan pertanggungjawaban tahap satu dan tiga, untuk pencairan tahap 4 melalui aplikasi online monitoring sistem perbendaharaan anggaran negara (OM-SPAN). Namun, kades tidak memberikan saya arahan dalam melakukan kelengkapan berkas. Saya juga tidak mengetahui penyaluran BLT tersebut,” pungkasnya. (deh)

Tinggalkan Balasan