Peringatan Bulan PRB Tingkat Nasional Siap Digelar, Kota Kendari jadi Tuan Rumah

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu siap mensukseskan giat Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang dilaksanakan di Kota Kendari tanggal 11 hingga 15 Oktober 2023.

Sebagai tuan rumah Asmawa Tosepu menyambut baik pelaksanaan Bulan PRB tingkat nasional itu. Menurutnya, event tersebut sangat positif untuk dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan respon pemerintah terhadap dampak bencana yang bisa terjadi kapan dan dimana saja.

“Untuk mensukseskan kegiatan,kami sudah memerintahkan BPBD Kota Kendari untuk menempatkan satu stafnya di setiap Posko BPBD Sultra dalam peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun ini,” kata Asmawa Tosepu saat menerima audiensi BPBD Sultra sebagai panitia pelaksana Peringatan Bulan PRB di Balai Kota Kendari, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusuf menjelaskan, peringatan bulan PRB bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku pengurangan risiko bencana serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

Lanjut dia, Pemprov Sultra sebagai pelaksana sudah mempersiapkan semua kebutuhan kegiatan yang direncanakan 11-15 Oktober ini.

“Persiapan kegiatan, simulasi, gladi, pameran dan acara puncak yang akan dilakukan tanggal 11-15 Oktober, semua item-item kegiatan kita sudah siapkan, kita juga berkoordinasi dengan pemerintah kota dan tentunya semua stakeholder,” ungkap Muhammad Yusuf.

Mantan Pj Bupati Buton Tengah ini menuturkan, dalam peringatan bulan PRB sekira 15 kegiatan akan berlangsung dibeberapa titik di Kota Kendari.

Kegiatan diawali tanggal 11 dan 12 Oktober dengan melakukan persiapan Apel Relawan, Simulasi Kebencanaan dan Pameran Kebencanaan terdiri dari Ingnite Stage dan Talkshow, Donor Darah dan Rangking 1 Cerdas Tangkas Tangguh di eks MTQ Kota Kendari.

“Kemudian di Tanggal 12 pelaksanaan Kuliah Umum di Audotorium UHO dari Panitia BNPB dan BPBD Provinsi Sultra dan Gala Dinner Rujab Gubernur, kemudian Tanggal 13 Oktober persiapan penanaman pohon, puncak acara PRB di Claro Kendari dan akan ada Pesta Rakyat PRB di lapangan MTQ, tanggal 14 Oktober kunjungan wisata di Pulau Labengki Kabupaten Konawe Utara dan Tanggal 15 Oktober Run For Your Life di eks MTQ,” beber Yusuf.

Sekedar informasi, peserta peringatan bulan PRB diperkirakan 2000 sampai 2500 orang terdiri dari BNPB, kementerian dan lembaga, gubernur se-Indonesia, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia, Sekda Provinsi se-Indonesia, Forkopimda Provinsi Sultra, BPBD Provinsi se-Indonesia, BPBD Kabupaten/Kota se-Indonesia, Kepala Bappeda se-Indonesia, NGO, OPD dan Lembaga se- Prov. Sultra, Rektor se-Indonesia, Ketua Forum PRB se-Indonesia, Ketua Forum PRB se- Provinsi Sultra dan Relawan Penanggulangan Bencana. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan