Wartawan Senior Sultra Wafat di Tanah Suci

KENDARINEWS.COM — Kabar duka menyelimuti jemaah haji Sultra. Wartawan senior Sultra, H.Zakaria Sidik wafat saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pada Kamis (29/6) lalu. Mantan wartawan LPP RRI Sultra itu wafat di Kota Mina usai lempar jumrah atau lontar jumrah bersama sang istri Hj Yeni Kurniasari Tarsidi yang selalu setia mendampingi almarhum.

Mendiang H.Zakaria Sidik atau yang karib disapa Om Jack itu dikabarkan wafat setelah mengalami pusing dan terjatuh dalam perjalanan usai lontar jumrah sekitar pukul 21.30 Waktu Arab Saudi. Mantan Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Sultra itu wafat dalam usia 59 tahun.

“Saya, Drs.Asrun Lio MHum PhD atas nama pribadi maupun Sekda Provinsi Sultra, turut berbelasungkawa atas ‘berpulangnya’ salah satu wartawan senior Sultra, H.Zakaria Sidik atau Om Jack,” kata Sekda Asrun Lio, Minggu (2/7), kemarin.

Sekda Asrun Lio mengaku tidak pernah menyangka panggilan ‘berpulang’ itu begitu cepat. “Sebab sehari sebelumnya, tepatnya Rabu (28/6), almarhum sempat menelpon untuk bertemu karena kloter kami berbeda. Terlebih, saya dan almarhum akrab dan dekat baik secara pribadi maupun kedinasan, sehingga tidak ada rasa canggung dalam menjalin komunikasi dan silaturahim,”ujarnya.

Namun rupanya, komunikasi itu adalah kali terakhir saling menyapa sekaligus sebagai sebuah isyarat seolah-olah almarhum hendak pamit. Tetapi begitulah takdir Allah SWT, tidak ada yang dapat menebak, terlebih almarhum berangkat pada hari yang sangat baik dan telah melakukan ibadah haji. “Beliau dimakamkan di tanah yang suci Makkah. In Sya Allah, husnul khotimah. Aamiin,”ucapnya.

Sebagai wartawan yang memulai kariernya pada tahun 1983 di RRI, tentu nama mendiang H.Zakaria Sidik banyak dikenal orang, baik itu masyarakat yang mendengar suaranya melalui siaran radio hingga kalangan pejabat termasuk politisi dan akademisi.

“Termasuk saya yang telah mengenal almarhum sejak lama. Terkenang, sekitar tahun 2019, almarhum pernah meminta saya untuk mengisi beberapa kegiatan obrolan Budaya di LPP RRI Kendari dengan berbagai topik. Sejak saat itulah, kami mulai intens menjalin silaturahim, walaupun jauh sebelumnya telah saling mengenal,”beber Sekda Asrun Lio.

Bagi Asrun Lio, almarhum merupakan orang yang baik, tidak memilih dalam bergaul, komunikatif, ramah, dan masih banyak lagi sifat-sifat hingga perilakunya yang pantas menjadi teladan wartawan saat ini. (rah/b)

Tinggalkan Balasan