Awasi Pembangunan, Pemkab Koltim Launching Aplikasi Simonela

KENDARIPOS.CO.ID — Penerapan sistem aplikasi e-pengendalian dan informasi monitoring evaluasi lapangan (Simonela) launching oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Senin (6/3).

Sebelum meluncur aplikasi pengedalian itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa menyampaikan, Pemkab Koltim terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan pemerintahan yang baik dan transparan. Andi Iqbal mengatakan, salah satu langkah Pemkab yakni menyiapkan aplikasi Simonela pada bagian teknis.

Mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Koltim ini menjelaskan, perkembangan teknologi cukup cepat, maka aparatur Pemkab dituntut bisa menyesuaikan perkembangan tersebut. Nah, Pemerintah Pusat sudah mencanangkan penggunan sistem pemerintahan berbasis digital.

“Saya harapkan hadirnya aplikasi Simonela ini bisa diterapkan semua OPD lingkup Pemkab Koltim. Khusus administrasi pembangunan, monitoring dan evaluasi Pemkab Koltim dalam pengelolaan anggaran pendapatan belanja daerah. Aplikasi Simonela ini sangat bagus dan penting diterapkan agar data kita bisa terarsip dan data akuntabel.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kolaka Timur, Irmansyah menyampaikan, dalam rangka pengawasan pembangunan yang baik, maka Pemerintah Daerah (Pemda) melaunching aplikasi e-pengendalian dan sistem informasi monitoring evaluasi lapangan.

Irwansyah mengatakan, aplikasi pertama sistem pengawasan di Koltim bahkan di Provinsi Sulawesi Tenggara ini akan mulai dioperasikan tahun ini, kepada semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Peraturan daerah sudah kita buat tinggal diterapkan saja,” jelas Irmansyah.

Menurutnya, tujuan Simonela ini antara lain, mewujudkan kepatuhan dan ketaatan Pemkab Koltim terhadap peraturan Presiden RI nomor 95 tahun 2018, tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. Selain itu, untuk meningkatkan sumber daya aparatur dalam menjalankan fungsi pengendalian pelaksanaan anggaran dan kegiatan barang dan jasa agar terdokumentasi secara transparan serta menghasilkan data pembangunan yang akuntabel dan berkualitas pada setiap OPD.

“Makanya aplikasi ini sangat penting diterapkan kepada semua OPD. Penggunaan aplikasi Simonela ini diharapkan menghasilkan pemerintah pemerintahan yang baik. Makanya sebelum aplikasi diterapkan perlu di launching dan pelatihan. Untuk membantu pengendalian dan monitoring untuk pengadaan barang dan jasa,” tutup Irmansyah. (kus)

Tinggalkan Balasan