oleh

Jokowi Disambut Warga Baubau dan Bakal Dianugerahi Gelar Bangsawan Buton

KENDARINEWS.COM–Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyapa warga Sultra, Senin, (26/9), kemarin. Presiden dan rombongan tiba di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halu Oleo di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sekira pukul 14.40 wita dan disambut Gubernur Sultra Ali Mazi, Bupati Konsel Surunuddin Dangga dan Pj.Sekda Sultra Asrun Lio.

Selanjutnya, Presiden lepas landas menuju Bandar Udara Betoambari, Kota Baubau. Setelah menempuh penerbangan selama 40 menit menggunakan pesawat Kepresidenan Bae-RJ85, Presiden Jokowi tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau sekira pukul 16.28 Wita.

Di sana, Presiden disambut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Danrem 143 /Halu Oleo Brigjen TNI Yufti Senjaya, Danlanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, dan Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo.

Di sepanjang jalan menuju Hotel Zenith Premiere Baubau, Presiden Jokowi yang mengendarai mobil berplat Indonesia menyapa warga Kota Baubau. Sang presiden menurunkan kaca mobil dan melambaikan tangan. Sontak membuat warga histeris meneriakan namanya. “Pak Jokowi… Pak Jokowi,” ucap warga.

Melihat banyaknya warga yang menyambutnya iring-iringan mobil Presiden Jokowi pun berhenti di depan Lippo Plaza Buton. Presiden Jokowi turun dari mobil dan berjalan kaki menuju hotel untuk menyapa masyarakat. Paspampres bekerja ekstra mengamankan presiden lantaran warga berebutan hendak bersalaman. Beberapa menit kemudian, Presiden Jokowi pun berlalu, menuju tempat menginap di Hotel Zenith Premiere.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden akan menyapa masyarakat sekaligus memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bantuan sosial lainnya.

“Bapak Presiden akan menyapa masyarakat dan tentunya kali ini ada tambahan kegiatan di setiap titik yaitu memastikan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan terkait dengan para tenaga kerja yang terdampak kenaikan BBM,” tuturnya.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Keraton Wolio. Di sana, Presiden ke-7 RI itu bakal mendapat gelar Kehormatan Adat dan Budaya yakni Lakina Bhawaangi Yii Nusantara oleh Kesultanan Buton. Selanjutnya Presiden akan menyerahkan BLT di Pasar Wameo dan Kantor Pos Baubau.

Tuntas di tiga titik itu, Presiden Jokowi akan bertolak menuju Pasarwajo, ibu kota Kabupaten Buton. Presiden dijadwalkan mengunjungi warga di Pasar Sabho, Lapangan Banabungi dan meninjau pabrik Aspal Buton di Kabungka.

Sedangkan di Kabupaten Buton Selatan akan menjadi titik terakhir kunjungan Presiden Jokowi di Sultra sebelum akhirnya kembali ke Bandara Betoambari dan lepas landar menuju Ternate pada hari ini, Selasa, (27/9) sore.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan harapan dan doa masyarakat Kota Baubau untuk dikunjungi bapak bangsa itu akhirnya terwujud. Kabarakatinya Tanah Wolio (berkah tanah wolio) lagi-lagi memberikan bukti. “Alhamdulilah kita sangat bersyukur. Kita berdoa semoga semua kegiatan besok (hari ini,red) berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja di Sultra yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (Kn/BPMI Setpres)

Komentar

Tinggalkan Balasan