oleh

Kenali Perbedaan Oli Sintetis Dengan Mineral

KENDARINEWS.COM — Pelumas kendaraan yang dijual di pasaran makin banyak ragamnya. Misalnya, jenis oli sintetis dan mineral.

Lantaran memiliki fungsi vital pada kendaraan, memahami perbedaan fungsi oli sintetis dan mineral menjadi keharusan. Pertamina Lubricants menjelaskan bahwa biasanya produsen oli akan mencantumkan kandungan yang ada di dalam kemasan.

Beberapa jenis yang umum ditemui ialah tipe full sintetis, semi sintetis, dan oli mineral. Apa perbedaan dari ketiga jenis oli ini? Oli mineral adalah oli yang berasal dari penyulingan ekstrak minyak mentah yang bersumber dari pengolahan minyak bumi.

Selama proses pembuatan oli mineral, kotoran yang ada biasanya cukup tinggi dan kandungan impurities-nya dihilangkan. Oli mineral banyak digunakan pada jenis atau model kendaraan lama yang masih dikembangkan dengan teknologi lawas.

“Struktur molekul oli mineral tidak sebaik oli sintetis, karena oli mineral memiliki struktur molekul yg lebih tidak seragam, sehingga lubricity-nya kurang jika dibandingkan dengan oli sintetis dan dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar,” jelas Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Brahma Putra Mahayana, dalam siaran pers, Sabtu (4/6).

Komentar

Tinggalkan Balasan