oleh

Setelah Sah Jadi Rektor UGM, Ova Emilia Tekankan Posisi UGM

KENDARINEWS.COM — Prof dr. Ova Emilia resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027 setelah dilantik di Balai Senat pada Jumat (27/5).

Ova Emilia menjadi perempuan kedua yang menyandang posisi Rektor UGM menggantikan Prof Ir. Panut Mulyono. Seusai dilantik, Ova mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dia untuk memimpin UGM hingga lima tahun ke depan.

Baca Juga : Ini Rektor Baru UGM Periode 2022 – 2027

Dilansir Jpnn, Ova mengatakan dalam pidatonya saat ini perguruan tinggi dihadapkan pada perubahan besar dengan berbagai isu global. Menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang ada, pertama, ia menekankan posisi UGM sebagai kampus penjaga persatuan, kebinekaan dan kebangsaan. Kedua, UGM harus mengambil posisi terdepan sebagai pemimpin transformasi institusi pendidikan tinggi Indonesia.

“UGM juga memiliki peran penting sebagai pengawal kepemimpinan strategis Indonesia di level global,” terang Ova. Ova menambahkan bahwa peran aktif UGM diperlukan sebagai mitra pemerintah yang kritis.

“UGM perlu ikut berperan sebagai mitra pemerintah Indonesia yang kritis dan konstruktif dengan menyediakan kajian serta rekomendasi yang perpegang teguh pada kaidah-kaidah keilmuan dan relevansi,” jelasnya.

Ketiga, Ova turut menyampaikan komitmennya memperkuat akar UGM sebagai Universitas Pancasila, Universitas Nasional, Universitas Perjuangan, Universitas Kerakyatan serta Universitas Pusat Kebudayaan. Jati diri UGM itu akan diterjemahkan dalam konteks terkini. (jpnn/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan