oleh

Tips Mudik Lebaran, Agar Pulang Kampung Aman dan Nyaman

-Aneka-161 Dilihat

KENDARINEWS.COM– Beberapa hari lagi bulan ramadan usai. Tiba saatnya umat muslim merayakan kemenangan dengan berhari raya idul fitri. Sudah menjadi tradisi kala menjelang Idhul Fitri orang sibuk mudik, pulang kampung.

Namun sebelum melakukan tradisi Lebaran itu, masyarakat diimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik agar mudik berjalan aman dan nyaman. Berikut tips mudik seperti dilansir tempo.co, yang dibagikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo agar perjalanan aman, sehat dan nyaman.

Pertama, kata Dedi, ingat untuk mengunci rumah yang ditinggal mudik. “Yang pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci,” ujarnya.

Kedua, sebaiknya pemudik menginformasikan rencana mudik kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik sambil menitipkan rumah. Tujuannya agar tetangga atau kerabat bisa  menginformasikan jika terjadi peristiwa dengan rumah.

Ketiga, kata Dedi, pemudik juga bisa menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas setempat untuk didata. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dicek terlebih dulu dan semua memang berfungsi optimal demi keselamatan di jalan.

Kelima, jika menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. “Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan,” kata Dedi.

Keenam dan yang menjadi syarat mudik, pastikan sudah mendapat vaksin booster. Jika belum, ingat untuk membawa kelengkapan dokumen berupa hasil tes Covid-19.

Ketujuh, saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. “lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lelah, guna menghindari kecelakaan,” kata Dedi.

Tips kesembilan, bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pengamanan atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik. “Yang terakhir, tetap disiplin protokol kesehatan dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia,” kata Dedi.(kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed