Ayah Hamili Putri Kandung Terancam 15 Tahun Penjara

KENDARINEWS.COM — Wajah RR Bin LB ditutup topeng oleh polisi saat ditunjukan di ruang konferensi pers Polres Baubau. Lelaki berusia 53 tahun itu merenggut masa depan anak perempuannya, Mawar (nama samaran) yang baru berusia 17 tahun. Putri kandung RR yang masih kelas tiga SMA itu, digagahi hingga hamil. Kelakuan abnormal RR baru terungkap saat usia kandungan korban delapan bulan. Keluarga korban melihat ada perubahan bagian perut korban yang semakin membesar.

Korban lebih pendiam dan cenderung menutup diri dari keluarga dan teman-temannya di sekolah. Pihak keluarga memutuskan melaporkan kejanggalan itu ke pihak kepolisian. Polres Baubau melalui Polsek Lealea mengungkap bila korban tengah mengandung dan pelakunya adalah ayah kandung. Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo heran dengan perilaku pelaku, yang tega menghamili buah hati sendiri. Saat dibekuk, RR sempat melawan sehingga terpaksa dilumpuhkan. “Pelaku sempat melawan, terpaksa kami lumpuhkan, kemudian ditangani medis, setelah itu kami lanjutkan penyelidikan,” jelasnya.

RR, pria yang menghamili putri kandungnya ditunjukan Polres Baubau saat konferensi pers, kemarin.

Ia mengungkapkan pelaku memaksa korban melayaninya dengan alasan ibunya telah lama meninggal. Korban sempat menolak, dan memberontak, namun dipaksa. Tersangka dijerat Pasal 76D junto pasal 81 ke 1, 2 dan 3 UU Ri nomor 7 tahun 2016 penetapan atas peraturan pemerintah Nomor 1 /2016 pengganti Uu nomor 23 /2002 tentang perlindungan anak. Pelaku diancam dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun. Sementara itu, Kapolsek Lealea LD. Astar mengatakan pelaku dilaporkan oleh saudari korban. “Pelaku dilapor sama saudaranya dari berbeda ibu, hanya tidak tinggal serumah,” katanya. (lyn/b)

Tinggalkan Balasan