Setir Mobil Goyang Saat di Jalan, Cek 4 Bagian Ini

Aneka

KENDARINEWS.COM–Setir mobil goyang saat dikendarai tentu sangat mengurangi kenyamanan di jalan raya. Tidak hanya itu, setir goyang atau bergetar juga memicu terjadinya kecelakaan. Jika kendaraan sudah mengalami hal tersebut segera lakukan pengecekan terutama bagian kaki-kaki. Ada empat hal yang menyebabkan setir mobi menjadi goyang, dilansir Auto2000, Jumat (25/6).

1. Ban mobil menggelembung

Ini penyebab yang sering dialami para pengguna kendaraan mobil. Ban dengan kondisi benjol akan menyebabkan setir menjadi goyang. Biasanya benjolan pada ban diakibatkan karena usia pemakaian dan juga sering menerabas polis tidur serta lobang jalanan dengan laju yang terlalu kencang.

2. Kampas rem mobil habis sebelah

Umumnya ada dua kampas rem yang terdapat di mobil. Komponen itu memiliki fungsi sebagai penjepit piringan cakram atau tromol. Bila salah satunya ada yang sudah habis, maka bisa menjadi penyebab setir mobil goyang. Hal itu disebabkan karena pola dan alur kampas rem yang tidak seimbang.

3. Pelek penyok

Penyebab berikutnya bisa menjadi indikasi setir goyang yang disebabkan oleh kondisi pelek penyok. Hal tersebut disebabkan terjadinya benturan antara mobil kendaraan dengan medan jalan. Akibatnya kendaraan menjadi tidak seimbang dan berdampak pada setir yang goyang.

4. Kerusakan pada link stabil mobil

Apabila mendengar bunyi ‘gluduk-gluduk’ saat melewati jalanan rusak atau medan terjal, itu berarti ada kerusakan yang terjadi yaitu link stabilizer. Untuk kerusakan link stabilizier, sebaiknya segera diganti karena bisa memengaruhi komponen lain seputar kemudi seperti power stering. (ddy/jpnn)

Tinggalkan Balasan