Jawab Kebutuhan Kebahasaan, Kantor Bahasa Luncurkan Aplikasi Seleko

Metro Kendari

Lukman Abunawas: Bahasa adalah Lambang, Simbol dan Budaya Bangsa

KENDARINEWS.COM — Di era teknologi saat ini, semua instansi berlomba menyajikan kemudaha pelayanan. Seperti yang ditunjukan Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST). Lembaga ini baru saja meluncurkan Sistem Layanan Data dan Informasi Elektronik (Seleko), Senin (31/5). Aplikasi ini diharapkan bisa menjawab tantangan peradaban.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi terobosan yang ada di tubuh Kantor Bahasa Provinsi Sultra. Hal ini mengokohkan sinergi yang terbangun selama ini. Banyak program Pemprov Sultra yang dikerjakan bersama Kantor Bahasa Sultra. Utamanya terkait bahasa, sastra dan kebudayaan.

“Bahasa adalah bagian dari budaya yang harus dilestarikan. Bahasa sangat penting, harus betul betul dirawat. Bahasa adalah lambang, simbol dan budaya. Kemajuan dan kemunduran suatu bangsa dapat dilihat dari budaya berbahasanya,” ungkapnya.

Lukman juga juga memuji kontribusi KBST dalam peningkatan kebahasaan dan kesastraan, baik Indonesia maupun daerah di Sulawesi Tenggara. Dengan aplikasi Seleko yang diluncurkan Kantor Bahasa Sultra, lanjutnya, sebuah langkah maju Kantor Bahasa Sultra, menjawab pertanyaan di era disrupsi.

“Kantor Bahasa sudah mengimplementasikan pemanfaatan teknologi informasi dengan baik. Kita berharap agar KBST terus mendorong pengutamaan bahasa negara, bahasa Indonesia, dan pelestarian bahasa daerah di Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sultra, Herawati mengatakan, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Telah menyediakan pelayanan data dan informasi elektronik melalui aplikasi Sistem Layanan Data dan Informasi Elektronik (Seleko).

“Penyediaan pelayanan data tersebut berdasarkan Permendikbud Nomor 41 Tahun 2020 tentang Layanan Informasi Publik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

Aplikasi Seleko tambahnya, diperuntukkan bagi seluruh pemangku kepentingan. Berbagai kalangan bisa memperoleh informasi mengenai Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara dengan mudah. Aplikasi tersebut dapat diakses secara daring melalui alamat seleko.kemdikbud.go.id,” ungkapnya.

Inovasi ini diharapkan menjadi bank data seluruh kegiatan KBST, kebahasaan dan kesastraan. Termasuk data penelitian yang telah dilakukan oleh KBST. Di sisi lain, memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan layanan terkait kebahasaan dan kesastraan.

Lebih lanjut ia mengatakan aplikasi Seleko, jadi jembatan penghubung antara kantor Bahasa, seluruh pemangku kepentingan dan masyarat di Sulawesi Tenggara. Meningkatkan sinergitas dengan seluruh pihak terkait. Menurutnya dalam era teknologi dibutuhkan inovasi. Sistem digital menjadi tantangan yang harus dikelola dengan baik.

“Untuk meningkatkan kualitas layanan publik maka KBST menyajikan aplikasi Seleko. Guna mewujudkan kantor Bahasa yang bermartabat dan bermanfaat. Demi terbentuknya sumber daya manusia yang mandiri. Dalam aplikasi ini menyajikan berbagai layanan yang berorientasi pada kebahasaan dan kesastraan,” tutupnya.

Untuk diketahui dalam acara peluncuran dan sosialisasinya turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, Makmur perwakilan dari Dikbud Sultra, Polri, Insan Pers dan seluruh pihak terkait lainnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *