Kuota ASN Segera Ditetapkan, Jadwal Seleksi Tunggu Juknis BKN

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM-Para pemburu Nomor Induk Pegawai (NIP) harus lebih mempersiapkan diri. Pemerintah kembali memberi sinyal akan dimulainya seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021. Rencananya, kuota ASN akan diberikan usai lebaran Idulfitri.

Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Kadir mengaku akan menjemput kuota ASN lingkup Pemprov Sultra usai lebaran. “Usulan formasi ASN kita akan diketahui dalam waktu dekat. Sesuai arahan, kuota ASN akan kita ambil setelah lebaran idulfitri ini,” beber Kadir, Senin (10/5).

Tidak hanya kuota ASN sambung dia, pusat juga akan menetapkan formasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Nantinya, akan diketahui besaran kuota untuk ASN dan PPPK. Secara garis besar, kuota ASN dan PPK diprioritaskan untuk tenaga guru termasuk tenaga kesehatan.

“Dari hasil rapat bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), ada tiga formasi. Formasi guru PPPK, formasi PPPK non guru dan formasi ASN. Formasi non guru yakni tenaga kesehatan dan teknis. Jadi yang lebih dominan formasi guru PPPK,” jelasnya.

Hingga kini, ia belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan seleksi ASN. Makanya, ia tidak bisa membenarkan informasi pendaftaran ASN akan dimulai tanggal 30 Mei mendatang. Untuk itulah, ia meminta semua pihak menunggu jadwal resmi dari pemerintah pusat.

“Sekarang kita tunggu petunjuk teknis (Juknis). Kita tak bisa asal berkomentar sebelum juknis keluar. Teknis pelaksanaan menjadi domain Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun sebelum ditetapkan, BKN akan kembali melakukan pertemuan dengan BKD se-Indonesia,” pungkasnya. (b/rah)

Tinggalkan Balasan