Wamen Hadiri Job Fair di Kolaka, Ini Pesannya

KENDARINEWS.COM–Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor menghadiri acara Job Fair yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka, di Stadion Gelora 45, Kamis (22/2).

Dalam sambutannya, Afriansyah memberikan apresiasi kepada Pemkab Kolaka yang telah menyelengarakan Job Fair tersebut.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, untuk job fair kali ini ada sekitar 40 perusahaan yang akan rekrutmen tenaga kerja dan anak-anak kita akan dapatkan informasinya. Kalau bisa mereka direkrut sebagai tenaga kerja, itu bisa sekitar seribu orang. Ini luar biasa dan ini baru pertama kali di Kabupaten Kolaka. Mudah-mudahan ini bisa terus diadakan sehingga anak-anak kita di daerah ini bisa kita fasilitasi agar mereka bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di daerah ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wamen juga menyampaikan bahwa pemerintah melalui Presiden RI telah mengeluarkan perpres nomor 57 tahun 2023 yang lahir di bulan November lalu. Kata dia, dalam perpres tersebut disampaikan kepada seluruh perusahaan agar mengumumkan lowongan pekerjaaan yang ada di perusahaannya masing-masing. 

“Jadi wajib bagi semua perusahaan yang ada di Kabupaten Kolaka ini untuk memberikan informasi lowongan. Tentunya nanti ada peraturan turunan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk diteruskan agar semua perusahaan bisa bekerjasama sehingga anak-anak kita tidak lagi susah mencari kerja. Adapun pengumuman lowongan pekerjaan itu juga akan masuk ke aplikasi kemenaker,” ujarnya.

Wamen Afriansyah mengatakan, bahwa dirinya juga telah melakukan pertemuan dengan 20 perusahaan yang ada di Bumi Mekongga. Kata dia, dalam pertemuan tersebut dirinya selaku pemerintah menekankan agar perusahaan dapat memberikan kesejahteraan untuk kabupaten atau kota dimana perusahaan tersebut berada.

“Bagaimanapun sumber daya yang ada di wilayah kita ini tentunya bisa kita nikmati bersama dengan perusahaan atau investor yang berada di wilayah kita. Inilah yang kita galakkan,” imbuhnya. (fad/kn)

Tinggalkan Balasan