Peringatan HDI di Sultra: Pj Gubernur Andap Dukung Penuh Hak Penyandang Disabilitas

KENDARINEWS.COM — Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, turut serta dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diadakan di Kantor Gubernur Sultra, Jumat (8/12/2023). Acara tersebut dihadiri oleh 138 anak berkebutuhan khusus dari 82 sekolah luar biasa (SLB) se Sultra, serta melibatkan organisasi penyandang disabilitas seperti Pertuni. Sebanyak 176 guru juga hadir dalam acara ini.

Tahun ini, peringatan HDI mengangkat tema “Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Untuk, Dengan, dan Oleh Penyandang Disabilitas.”

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyampaikan rasa terima kasih kepada para guru yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian tak kenal lelah dalam mengajarkan anak-anak berkebutuhan khusus untuk tetap produktif dan berkarya.

Andap Budhi Revianto juga mengingatkan tentang sejarah HDI yang diperingati setiap tahun pada tanggal 3 Desember. Ia juga menyinggung bahwa peringatan HDI tahun ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (Ham) sedunia yang akan jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang.

“Hak-hak penyandang disabilitas yang harus dipenuhi, termasuk hak untuk bebas dari stigma, mendapatkan keadilan dan perlindungan hukum, pendidikan, pekerjaan, politik, serta terbebas dari tindakan diskriminasi, penelantaran, penyiksaan, dan eksploitasi sesuai dengan Undang-Undang No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas” tambah Gubernur-1 itu.

Mantan Kapolda Sultra itu juga menekankan hak politik penyandang disabilitas menjelang Pemilu 2024, dengan meminta agar mereka dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bagi yang telah memiliki e-KTP.

“Saya menginstruksikan kepada Kepala Perangkat Daerah terkait untuk melaksanakan langkah-langkah konkret sebagai bentuk dukungan bagi penyandang disabilitas, termasuk kewajiban untuk menciptakan peluang bekerja di instansi pemerintahan dan sektor swasta sesuai dengan aturan yang berlaku” tegas Andap

Ia juga menyampaikan bahwa pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam sarana prasarana masih perlu diperhatikan. Ia menegaskan untuk segera mengakomodir kebutuhan mereka, seperti parkir khusus, jalur khusus, dan fasilitas lainnya.

“Dalam rangkaian peringatan HDI 2023, berbagai kegiatan menarik diselenggarakan, termasuk pembacaan ayat suci Al Quran, fashion show, hiburan musik yang dipersembahkan oleh anak-anak penyandang disabilitas, serta penggelaran 75 produk hasil karya mereka” ujar Andap.

Andap Budhi Revianto juga memberikan dukungan langsung bagi 60 pelajar penyandang disabilitas untuk mendukung kegiatan belajar mereka.

“selamat memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023 kepada semua peserta kegiatan. Kita berharap para guru senantiasa dimudahkan, sehat selalu, dan lancar dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak penyandang disabilitas” tutupnya. (rls/ryl)

Tinggalkan Balasan