Go Internasional, Pemkab Konsel Sukses Pamerkan Desa Wisata dan Produk UKM di Belanda

KENDARINEWS.COM–Kabupaten Konawe Selatan bangga punya pemimpin visioner seperti H Surunuddin Dangga. Tak hanya lihai mewujudkan pembangunan daerah, Bupati dua periode itu juga visioner dalam menggeliatkan sektor Pariwisata. Prestasi tingkat nasional sektor pariwisata sudah dibuktikan. Bahkan kini, Pemerintah Kabupaten Konsel bertekad menjajaki pasar internasional.

Bukan isapan jempol belaka, terbaru Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan didampingi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Vereniging Negeriku, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda sukses menggelar pameran desa wisata pertama di Belanda, Kamis (23/11) lalu. Pameran dibuka oleh Wakil Duta Besar Indonesia untuk kerajaan Belanda, Freddy Panggabean, di Indonesia House Amsterdam.

Delegasi Pemkab Konsel dipimpin langsung Bupati H Surunuddin Dangga didampingi Ketua DPRD Irham Kalenggo, Sekda Hj St Chadidjah, Ketua Dekranasda Hj Nurlin Surunuddin, Kadis Pariwisata Adywarsyah Toar, Kepala BKAD Konsel H Nisbahnurrahim, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj St Hafsa, Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, Ketua Kadin Adi Jaya Putra, Kepala Bagian Umum Sri Yuningsih, Direktur Perumda Arief Rachman, dan Kepala Bidang Pengembangan SDM Dispar Konsel Suartin Sianti.

Dalam kesempatan itu, mewakili Pemkab Konsel, Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar dan salah satu pendiri Vereneging Negeriku, Latif Gau menandatangani naskah kerja sama untuk mempromosikan potensi pariwisata desa wisata Konawe Selatan di Belanda dan di Eropa.

Wakil Duta Besar RI untuk kerajaan Belanda, Freddy Panggabean menyampaikan bahwa pameran ini merupakan pameran desa wisata pertama kali yang diadakan oleh pemerintah kabupaten di tingkat Belanda dan Eropa. Pihaknya sangat antusias, apalagi ini juga pertama kalinya menggunakan gedung Indonesian House di Amsterdam yang baru saja direnovasi.

“Hal ini menjadi istimewa karena gedung Indonesian House, yang dahulu adalah gedung Konsulat Republik Indonesia, selama puluhan tahun tidak pernah digunakan, akhirnya dapat dimanfaatkan kembali dengan tujuan mempromosikan produk dan budaya termasuk pariwisata Indonesia di Belanda dan Eropa,” kata Freddy.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan penghargaan atas dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda, serta dari Negeriku yang telah membantu Pemda Konawe Selatan dalam mempromosikan desa wisata dan produk UKMnya di Belanda.

“Intinya kita menjajaki produk – produk UMKM yang bisa dipasarkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di daerah, di samping pengenalan desa Wisata. Kita belajar karena Belanda memiliki banyak desa-desa wisatanya,” ungkap Konsel-1 tersebut.

“Tentunya ini membuka peluang bisnis bagi produk-produk Ekraf dan wisata di Konsel, yang tentunya memberi dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat juga daerah,” imbuhnya.

Diketahui, salah satu desa wisata di Konawe Selatan yang bernama desa wisata air terjun Moramo Sumbersari adalah juara 3 nasional kategori daya tarik pengunjung Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Dua desa wisata lainnya yang juga turut masuk dalam ADWI adalah desa wisata Namu dan desa wisata Tatangge.

“Konsel miliki potensi itu (wisata, red), terbukti tahun kemarin salah satu desa wisata yakni air terjun Moramo Sumber Sari berhasil mengharumkan daerah di kancah nasional. Hal itu membuktikan daerah kita mampu bersaing di sektor wisata. Begitu juga dengan UMKM dan Ekonomi Kreatifnya,” ungkap mantan Ketua Umum Kamar Dagang  dan Industri (KADIN)  Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 1994 – 2004 tersebut.

Hal senada diungkapkan Kadis Pariwisata Konsel, Adywarsyah Toar. Pameran desa wisata itu mengundang beberapa Tour Operators serta publik di Belanda untuk ikut serta menyaksikan produk-produk UKM dan gambaran desa wisata Konawe Selatan.

“Produk-produk tersebut ditampilkan selama November dan Desember 2023 di Indonesian House Amsterdam agar publik yang tertarik dapat hadir dan melihat langsung produk-produknya,” terangnya.

Bagi yang tertarik berkunjung, lanjutnya, dapat mengirimkan email ke info@negeriku.nl untuk dibuatkan jadwal berkunjung. Indonesia House Amsterdam beralamat di Brachthuijzerstraat 4, 1075 EN Amsterdam.

“Pameran di Belanda ini juga sebagai salah satu semangat mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat, dan mempromosikan Surga Wisata di Konawe Selatan,” kata Adywarsyah.

Tinggalkan Balasan