Bahayanya Kanker Serviks, Ini Imbauan dr Ulul Albab

KENDARINEWS.COM–Sebagai rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 yang diadakan di Kendari pada tahun 2023 ini, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengadakan Seminar Awam bertajuk: Deteksi Dini dan Terapi Kanker Payudara dan Kanker Serviks.

Sekretaris Jenderal PB IDI, dr. Ulul Albab, Sp.OG mengatakan, dalam seminar ini pihaknya ingin mengkampanyekan bahaya kanker terutama kanker payudara dan serviks. 

“Apalagi pembiayaan terkait kanker termasuk pada pembiayaan yang cukup besar yang dibiayai oleh negara. Dimana ini masuk tiga besar setelah penyakit jantung dan stroke,”kata dr. Ulul Albab usai kegiatan Seminar Awam di salah satu hotel di Kendari, Selasa (21/11).

Dia menambahkan, terkait kanker serviks merupakan kanker yang berbahaya, dimana setiap 60 menit perempuan Indonesia meninggal karena kanker tersebut. Hampir 50 persen ketika perempuan mengalami kanker serviks akan mengalami kematian.

“Untuk itu mau tidak mau kita harus melawan kanker karena sangat mematikan dan mempengaruhi generasi yang akan datang,” katanya.

Beberapa faktor penyebab kanker serviks yakni, hubungan seksual pertama kali sebelum usia 20 tahun, berhubungan dengan pasangan lebih dari satu dan merokok.

“Selama masyarakat termasuk masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) menjaga pola hidup sehat maka akan terhindar dari kanker serviks,”tandasnya. (Kn)

Tinggalkan Balasan