Pj. Bupati Basiran Lauching Pasarwajo Street Food

KENDARINEWS.COM- Penjabat Bupati Buton Drs. Basiran melaunching “Pasarwajo Street Food” sebuah ide program penataan permukiman melalui konsep street food (makann jalanan) di Pasarwajo Kamis 20 Juli tahun 2023. Program tersebut dicetuskan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Buton, Nurul Kudus Tako Bae SE. MT. Warga Kelurahan Kambulambulana dan Kelurahan Pasarwajo menyaksikan langsung launching program tersebut di kawasan wisata Teluk Pasarwajo.

Nurul Kudus saat melakukan persentasi didepan Pj. Bupati Buton. Sekda Asnawi dan ratusan warga yang bermukim di sekitar kawasan wisata

Pj. Bupati Buton Drs. Basiran mengapresiasi terobosan itu. Kata dia, sebagai wilayah ibukota Pasarwajo memang selayaknya punya banyak pilihan wisata, termasuk wisata kuliner. Sehingga apa yang dilakukan Nurul Kudus adalah sangat positif. Meskipun tujuan awalnya adalah untuk memenuhi proses belajar Diklatpim II, tetapi penentuan programnya sangat sesuai dengan potensi dan masalah yang ada.

“Harapan saya, ini jangan hanya menjadi tugas proyek perubahan. Tetapi dilanjutkan. Sekarang tempatnya sudah ditata indah dan rapi. Yang kurang tinggal menambah daya tariknya, seperti lampu-lampu hias, penataan parkir dan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim, Nurul Kudus mengatakan penataan kawasan kumuh menjadi salah satu tugas utamanya menahkodai Perkim. Kambulambulana dan Pasarwajo merupakan dua kawasan kumuh di Buton. Karena itu, mengkombinasikam masalah dan potensi menjadi solusi itulah melahirkan ide penataan kawasan melalui konsep street food itu.

“Street food ini konsepnya pagi sampai siang itu kosong, bersih kawasan ini. Nanti sore hingga malam baru aktif. Itulah mengapa kita pakainya gerobak dorong,” katanya.

Ke depan, Nurul Kudus berkomitmen untuk mengawal program itu hingga benar-benar terbentuk sesuai harapan. Makanya Ia akan berkolaborasi dengan OPD lain untuk melenglapi fasilitas di kawasan itu. “Saya sudah bikin proposal ke PLN dan Bank Sultra untuk dibantu gerobak pedagang melalui CSR,” tambahnya. (elyn/kn)

Tinggalkan Balasan