Desa Tunas Baru Wakili Bombana Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi

KENDARINEWS.COM–Desa Tunas Baru Kecamatan Rarowatu Utara akan mewakili Kabupaten Bombana pda ajang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2023.

Desa Tunas Baru dipilih menjadi perwakilan Kabupaten Bombana karena dinilai sudah memenuhi kriteria seperti, kinerja aparatur desa, evaluasi penilaian perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerja sama desa dan juga peran lembaga kemasyarakatan desa khususnya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pembangunan di desa yang dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan desa lainya yang ada di Kabupaten Bombana.

Penjabat Bupati (Pj) Bombana, Ir. Burhanuddin mengungkapkan bahwa, lomba Desa/Kelurahan merupakan salah satu program nasional, sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Lomba Desa dan Evaluasi Perkembangan Desa.

Untuk kriteria penilaian dalam lomba ini, sesuai dengan standar penilaian yang ditetapkan oleh Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Lomba Desa dan Evaluasi Perkembangan Desa, pemerintahan, wilayah, dan juga masyarakat.

“Suatu kebanggaan karena salah satu Desa di Kabupaten Bombana masuk dalam nominasi untuk dapat mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sultra Tahun 2023,” imbuhnya.

Menurutnya, perlombaan Desa/Kelurahan berguna untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintah desa dan masyarakat untuk berlomba secara terintegratif dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap agar Desa-Desa lainya yang ada di Kabupaten Bombana dapat termotivasi untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan, pemberdayaan sehingga bisa menjdi desa yang maju dan juga mandiri,” pungkasnya. (idh/kn).

Tinggalkan Balasan