UPT Perpustakaan UHO Genjot Minat Membaca Mahasiswa

KENDARINEWS.COM—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Sosialisasi Pemustaka Perpustakaan dengan tujuan untuk terus meningkatkan akademik dan mutu pelayanan. Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa angkatan 2022 dan staf Perpustakaan.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UHO, Prof. Dr. Ir. Weka Widayati, M.S., mengungkapkan, bahwa sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong minat mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai jawaban dari tantangan perubahan dan inovasi teknologi.

“Peserta bisa betul-betul sinkronkan dengan kebutuhan,” tuturnya.

Ia menyebut, kualitas perpustakaan itu sendiri juga merupakan poin penting peningkatan minat mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan. “Jadi itu perlu mendapatkan sarana dan prasarana yang lebih baik kedepan dan sekarang sudah dibenahi untuk menjawab tantangan itu,” katanya.

Prof. Weka juga berpesan, agar para mahasiswa dapat terus memanfaatkan fasilitas kampus seperti perpustakaan sebagai sarana belajar yang menyenangkan. “Perpustakaan tempat yang cocok untuk tempat belajar,” imbuhnya.

Sementata itu, Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhamad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd , mengatakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa dan staf Perpustakaan UHO. Dengan tujuan dapat meningkatkan akademik mahasiswa dan meningkatkan mutu pelayanan yang ada di Perpustakaan UHO. “Kita libatkan mahasiswa dan staf. Sehingga ketika ada masalah yang terjadi pada mahasiswa, staf dapat menjelaskan dan mengetahui permasalahan tersebut,” bebernya.

Ia pun menjelaskan, bahwa sosialisasi tersebut, sebagai upaya pembekalan kepada peserta terkait skema orientation dan distraction di Perpustakaan UHO.
“Orientation artinya kita bisa membuat pemustaka tahu informasi apa saja dalam perpustakaan. Kemudian distraction bagaimana caranya kita memperoleh informasi itu, bagaimana memanfaatkan perpustakaan, seperti dimana kerusakan bagaimana pelayanannya,” jelasnya.

Setelah materi sosialisasi selesai kata dia, pihaknya akan mengajak mahasiswa untuk langsung ke gedung perpustakaan UHO. Untuk memperlihatkan kondisi dan situasi yang ada disana. “Pasca materi terakhir ini, dilakukan praktik langsung terkait pelayanan bagaimana, kalau mau masuk perpustakaan seperti apa. Ini juga sebagai salah satu orientasi untuk mahasiswa angkatan 2022,” terang Mantan Kahumas UHO tersebut.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan sosialisasi ini akan terus berkelanjutan untuk meningkatkan minat para mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan. “Kita terus berupaya menciptakan perpustakaan ini memiliki tampilan yang menarik, seperti bangunannya, kita juga berikan kesan nyaman dan sejuk dengan menghadirkan nuansa hijau pepohonan dan beberapa perubahan yang kita lakukan untuk menarik minat berkunjung mahasiswa,” tutup Mantan Kepala UPT Keaman UHO itu. (win/kn)

Tinggalkan Balasan