Menjaga Keamanan Warga, Bupati Kukuhkan 340 Satgas Linmas Desa

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kabupaten Konawe Utara terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat desa. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Konut yakni dengan membentuk satuan tugas perlindungan masyarakat (Satgas Linmas) dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kemarin, (22/5), Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengukuhkan sebanyak 340 anggota Satgas Linmas yang berperan memelihara keamanan dan lingkungan desa dan kelurahan.

“Satgas Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat maupun kegiatan sosial,”ujar Bupati Konawe Utara, Ruksamin saat mengukuhkan.

Hadir dalam acara pengukuhan Satgas Linmas tersebut Wakil Bupati, Abuhaera, Sekretaris Daerah Konut, H.M. Kasim Pagala dan unsur Forkopimda Konut.

“Satgas Linmas ini bertugas dan dibayarkan honornya dimulai 1 Juni 2023 mendatang. Satu Desa masing-masing dua anggota satgasnya dengan honor 800 ribu perbulan yang dibiaya oleh APBD Konut,”sambung Sekda Konut, H.M. Kasim Pagala.

Anggota Satgas Linmas se Kabupaten Konawe Utara sebanyak 340 personil, dengan rincian satu desa masing-masing dua anggota yang tersebar di 159 desa dan 11 kelurahan.

“Tugas mereka ini cukup banyak. Diantaranya menjaga keamanan dan kenyamanan desa. Serta mengikuti kegiatan apel masing-masing dikantor balai desa,”pungkas H.M. Kasim Pagala. (min/KN) 

Tinggalkan Balasan