Pesona Pasir Putih Pantai Toronipa Sultra

KENDARIEWS.COM–Tepat di ujung timur salah satu teluk yang mengapit Kota Kendari, terdapat sebuah pantai panjang nan indah menghadap Laut Banda. Namanya Pantai ToronipaPantai Toronipa yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara merupakan pantai yang asri dan telah dikelola secara profesional oleh pemerintah.

Panjang garis pantainnya mencapai 4 KM dengan pasir berwarna putih. Garis Pantai Toronipa yang sangat panjang inilah yang membuat pantai ini bisa menampung banyak pengunjung dan sampai saat ini menjadi salah satu pantai favorit masyarakat Kendari dan sekitarnya.

Panorama alam, deburan ombak Laut Banda serta pasir putih yang terbentang luas merupakan perpaduan yang asyik untuk dinikmati. Juga bibir pantai yang dipenuhi pohon kelapa membuat suasana pantai semakin asri, sejuk dan damai. Selain itu Pantai Toronipa juga sangat landai, bahkan hingga 1 km ke arah laut tinggi air masih hanya sedalam 1 meter saja.

Dengan lokasi yang berada di ujung timur dan memutar ke utara membuat Pantai Toronipa menjadi lokasi yang sangat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan kadang pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbenam.

Karena inilah maka tidak heran jika banyak pengunjung yang memutuskan bermalam untuk menikmati pesona matahari terbit di pantai ini. Saat air laut sedang pasang, Anda dapat menikmati air dangkal dan merasa aman saat bermain bersama anak-anak.

Di saat laut sedang surut, Anda dapat melihat masyarakat lokal mengumpulkan hewan laut untuk santapan. Pemandangan tersebut dapat memberikan suasana yang tepat bagi Anda yang mencari ketenangan.

Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjungnya. Pondok-pondok yang berdiri di sepanjang pantai bisa Anda sewa untuk beristirahat. Selain berenang dan menikmati kindahan matahari terbit, untuk Anda yang ingin memacu adrenalin, Anda bisa bermain banana boat yang disediakan di pantai ini.

Untuk bisa mencapai lokasi, Pantai Toronipa yang berjarak sekitar 14 km dari kota Kendari ini bisa ditempuh dengan berkendara roda dua maupun roda empat. Jalan mulus bak’ tol’ bakal membuat perjalanan anda nyaman dan hanya perlu sekitar 20 menit untuk sampai di pantai nan indah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Belli menjelaskan, Pantai Toronipa sudah dikelola secara profesional oleh pemerintah daerah setempat serta melalui pendampingan dan pengawasan dari Pemerintah Provinsi Sultra. 

Belli tak menampik jika pantai toronipa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan daerah. Pantai Toronipa memiliki panjang garis pantain mencapai 4 kilometer dengan pasir berwarna putih. 

Belli mengungkapkan, Pantai Toronipa kerapa dipadati pengunjung oleh semua kalangan usia saat hari libur. Misalnya baru-baru ini pada libur lebaran Wisata Pantai Toronipa dikungjungi ribuan wisatawan.

”Pengunjung sangat menikmati liburan dengan mandi-mandi di pinggir pantai bahkan ada yang bermain wahana permainan yang disediakan seperti banana boat, dan donut boat,” ungkap Belli.

Belli mebambahkan, wisata Pantai Toronipa menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin rekreasi. Pihaknya menyajikan panorama pantai yang indah dengan low budget. 

“Pengunjung hanya dikenakan biaya hanya Rp 10 ribu per orang. Adapaun penyewaan wahana permaian dan gazebo dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dengab tarif sesuai ketentuan yang berlaku,” Kata Belli. (ags/KN)

Tinggalkan Balasan