140 Alsintan Disalurkan Ke Kelompok Tani

KENDARINEWS.COM–Sebanyak 140 alat mesin pertanian (Alsintan) disalurkan kepada kelompok tani di otorita Plt. Bupati Koltim, Abdul Azis. Secara seremonial diserahkan oleh Wakil Bupati Kolaka Timur telah menyerahkan pada para perwakilan kelompok petani. 

Abdul Azis mengatakan, alat mesin pertanian yang disalurkan itu, sebagai wujud perhatian pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian petani yang lebih baik lagi. Menurutnya, hasil produksi akan lebih baik jika ditopang dengan Alsintan yang memadai, nah Pemerintah Daerah (Pemda) hadir memberikan bantuan tersebut.

“Bantuan Alsintan diberikan untuk meningkatkan hasil pertanian. Jika terlambat panen sudah diberikan pemotong padi supaya hasil produksi jauh lebih baik. Beras yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas. Saya berupaya moderenisasi pertanian harus terus didorong dan dilakukan oleh petani,” kata Abdul Azis, Rabu, (28/12).

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba merinci, sebanyak 140 unit Alsintan sudah disalurkan. Diantaranya ada dua unit Combine Harvester, 50 unit TR2, 65 unit Cultivator, 10 unit TR2 ROTARY, 7 unit Power Tresher, dan 6 unit TR4. 

Lasky mengaku, Kalau anggaran yang digunakan untuk pengadaan Alsintan tersebut, bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) Rp 5.691.565.000 miliar, APBD Rp  367.462.500 juta. Makanya bantuan yang begitu  besar harus bisa dikelola dengan baik dan benar.

“Saya berharap Alsintan yang diberikan ke petani melalui kelompok tani agar dimanfaatkan sebaik baiknya,  serta digunakan bersama sama dengan anggota kelompok tani yang lain, jangan  dikuasai oleh satu orang saja. Karena tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan Alsintan ini, adalah petani di Koltim diharapkan dapat meningkatkan hasil produksinya,” imbuhnya. (kn)

Tinggalkan Balasan