oleh

KKN Tematik UHO Ciptakan Warga Tangguh dan Sigap Bencana

KENDARINEWS.COM- Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Halu Oleo melaksanakan Ku­liah Kerja Nyata (KKN) Tematik untuk member­dayakan masyarakat Desa Bendewuta, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe awal agar sigap dan tanggap akan bencana.

Dalam program tersebut, mahasiwa didampin­gai oleh lima dosen Fakul­tas Ilmu dan Teknologi Ke­bumian UHO yakni, Laode Muhamad Iradat Salihin S.Pd., M.Sc., Dr. Muliddin, S.Si., M.Si. , Drs. Firdaus, M.Si. ,Deniyatno, S.Si., MT., Al rubaiyn, S.T., M.T.

Ketua Tim Pengabdian Laode Muhamad Iradat Sali­hin S.Pd., M.Sc mengatakan, kegiatan ini merupakan upa­ya mitigasi Desa Bendewuta yang dilanda bencana banjir hampir setiap tahun. Sehing­ga sangat perlu penguatan ka­pasitas masyarakat agar siap dan tangguh ketika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Selama 30 hari, maha­siswa melakukan beberapa program kegiatan dalam rangka mempersiapkan Desa Bendewuta menjadi Desa Tangguh Bencana. Program pengabdian tersebut, yakni pemetaan daerah rawan banjir berbasis partisipatif masyarakat dan pembentu­kan forum relawan bencana Desa Bendewuta,” ujarnya.

Dia menjelaskan, forum relawan bencana ini dibentuk untuk memudahkan aksi mit­igasi pengurangan dampak bencana ketika terjadi ben­cana serta memudahkan koordinasi Desa ketika ban­tuan kebencanaan datang.

Sementara itu, Kepala Desa Bendewuta, Muliadi, sangat bersyukur dan berterima kasih atas program pengab­dian terintegrasi KKN Tematik yang dilakukan di Desa Bend­ewuta. Menurutnya, desa ini sudah menjadi langganan banjir setiap tahun.

“Banjir ini seringkali di­akibatkan oleh tingginya intensitas curah hujan dan luapan air dari Sungai Konaweha. Saya berharap dengan adanya program KKN ini maka dapat men­ingkatkan kapasitas ket­angguhan masyarakat se­hingga lebih siap lagi ketika bencana sewaktu-waktu terjadi,” harapnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan