oleh

Potensi Aspal di Buton Melimpah, Jokowi Bakal Stop Impor

KENDARINEWS.COM– Potensi Aspal Buton cukup besar namun pengelolaannya belum maksimal. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo seusai melihat dari dekat potensi aspal di Buton, Selasa (27/9).

“Sehingga tadi sudah kita putuskan, dua tahun lagi, tidak ada impor aspal,” tegas Presiden dihadapan media di pabrik aspal PT Wika Bitumen, Kabupaten Buton.

Seperti dilansir butonpos, Presiden meminta jajarannya agar pengolahan aspal harus dikerjakan oleh Kabupaten Buton melalui berbagai skema kerja sama baik dari BUMN maupun pihak swasta.

“Semuanya harus dikerjakan oleh Buton. Silakan, BUMN silakan, swasta silakan, join dengan asing juga silakan tetapi kita ingin ada nilai tambah dari aspal yang ada di Buton,” ucapnya.

Kepala Negara menyebut jumlah impor aspal yang selama ini dilakukan hampir mencapai 5 juta ton per tahun, padahal Kabupaten Buton memiliki potensi aspal yang sangat besar, yakni mencapai 662 juta ton.

“Karena ada potensi 662 juta ton di sini, gede sekali. Sehingga kalau setahun impor 5 juta, itu kita kira-kira masih 120 tahun yang bisa kita olah aspal yang ada di sini,” jelasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan