oleh

3 Bupati Purna Tugas, Siapa Bakal jadi Pj?

KENDARINEWS.COM–Bupati Bombana, Buton dan Kolut bakal mengakhiri masa tugasnya pada akhir Agustus ini. Selanjutnya tiga daerah itu akan dipimpin penjabat (Pj). Siapakah yang berpeluang menduduki jabatan itu.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Pemprov Sultra, Muliadi mengatakan nama nama sudah diusul ke Kemendagri. ” Sekarang sementara berproses, kita tinggal menunggu nama siapa yang bakal disetujui oleh Tim Penilai Akhir (TPA) di Kemendagri,” katanya

Enam lembaga dan kementerian yang tergabung dalam TPA. Tim pengkaji berasal dari KPK, BIN, Kemenkumham, Kemenkopolhukam, Kemendagri, dan Sekretariat Negara (Setneg). “TPA dari enam lembaga dan kementerian inilah yang mengkaji calon Pj.Bupati yang diusulkan gubernur dan DPRD. TPA ini akan menentukan siapa yang layak menjadi Pj.Bupati dan mengisi kekosongan kepala daerah di tiga kabupaten di Sultra yang masa jabatannya berakhir 22 dan 24 Agustus 2022 dimaksud,” ungkap Muliadi.

Soal nama calon Pj.Bupati yang diusulkan ke Kemendagri, Muliadi belum mau berbagi. “Jangan sampai apa yang kita usulkan, berbeda yang muncul. Jadi kita tunggu saja hasil pengkajian dari TPA, dan nanti sudah mengerucut baru bisa kita publikasikan,” imbuhnya.

Menurut Muliadi, usulan Pj.Bupati dari gubernur dan DPRD kabupaten tentu berbeda. Karena DPRD memang diberi ruang oleh Kemendagri untuk mengusulkan. “Meskipun dalam undang-unndang tidak dijelaskan terinci terkait usulan DPRD. Tapi ini juga sebagai upaya menjawab perkembangan dinamika politik di daerah,” tuturnya.

Siapapun nantinya yang menjadi Pj.Bupati di Bombana, Kolaka Utara dan Buton muaranya ada di Kemendagri. TPA di Kemendagri yang menilai track record (rekam jejak) perjalanan birokrasi para calon Pj.Bupati yang diusulkan.

“Usulan DPRD menjadi pembanding dari usulan gubernur. Karena diharapkan Pj.Bupati yang ditunjuk nanti bisa diterima oleh masyarakat di tempat tugas. Itu pertimbangannya secara politis. Usulan itu kita sampaikan secara by sistem,” pungkas Muliadi.(kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan