oleh

PKK dan Dinkes Buton Kolaborasi Turunkan Stunting


-Gerakan Implementasi Germas dan Pencegahan Stunting Tuntas di Tujuh Kecamatan

KENDARINEWS.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton menutup tahun 2021 dengan capaian luar biasa. Kolaborasi cerdas yang dilakukan Dinkes bersama PKK Kabupaten Buton beserta sejumlah pihak, sukses membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Bukan hanya itu, angka stunting pun berhasil diturunkan.

Pada November hingga Desember lalu, Dinkes turun full ke lapangan. Tujuh kecamatan didatangi dengan ragam kegiatan yang melibatkan berbagai masyarakat. Diawali di Kecamatan Kapontori pada 13 November. Berikut di Kecamatan Wabula 22 November. Kecamatan Wolowa 30 November. Pada bulan Desember, tim Germas dan penurunan stunting bergerak ke Kecamatan Pasarwajo tepat 7 Desember. Berikutnya, Kecamatan Lasalimu tanggal 19 Desember. Lasalimu Selatan pada 14 Desember, terakhir pada tanggal 19 Desember di Kecamatan Siontapina.

Ketua PKK Buton Delya Montolalu (lima dari kanan) berpose bersama pegawai Dinkes, dan pihak terkait usai menyerahkan bingkisan pemenang lomba germas. Foto: Elyn/Kendarinews

“Tujuh kecamatan kami keliling. Tujuannya agar semua unsur yang ada dapat mengoptimalkan peranannya sesuai tugas dan fungsinya. Baik itu dalam implementasi germas maupun pencegahan dan penanggulangan stunting,” papar Ketua TP PKK Kabupaten Buton, Delya Montolalu La Bakry, kemarin.

Oleh karena itu kata dia, implementasi germas dan pencegahan stunting melibatkan semua pemangku kebijakan tingkat kecamatan hingga desa, Kader Kepo, Kader Pembangunan Manusia (KPM), mitra potensial yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh pemuda, majlis taklim dan lainnya. “Semua unsur kita harapkan dapat bekerjasama dan berintegrasi dalam program ini,” tambahnya.

Lebih dari itu, Delya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil operasional stunting yang diberikan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi pada November lalu. “Mobil itu sangat bermanfaat karena memudahkan upaya kita menurunkan stunting,” ujarnya.

Untuk diketahui, untuk mengoptimalkan upaya tersebut di atas, Dinkes Kabupaten Buton juga melakukan sejumlah program lainnya di 2021. Diantaranya pesta penimbangan di Posyandu, Bina keluarga sehat kader kepo, Bingkisan perlengkapan ibu dan bayi bagi yang bersalin di Fasilitas Kesehatan, Pengadaan meja pengukuran panjang badan balita di 175 posyandu dan pengadaan Gantungan dacin di Posyandu. (lyn/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan