Proyek Jalan Kendari-Toronipa Dikebut, Dibangun Jembatan Penghubung Masjid Raya dan Kendari Caddi.

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa terus dikebut. Di sejumlah titik, alat berat terus bekerja membuka jalur. Di wilayah Kota Lama, tiang-tiang pancang telah berdiri. Nantinya, akan dibangun jembatan yang menghubungkan persimpangan Masjid Raya dan Kendari Caddi. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenda) Sultra, J. Robert Maturbongs mengatakan pengerjaan jalan Kendari-Toronipa masih on progres. Dengan volume pekerjaan saat ini, pemerintah akan mencairkan anggaran tahap III. Saat ini,masih dalam proses.

“Sudah masuk tahap III. Anggarannya sekitar Rp 30 miliar. Jika diakumulasi, anggaran yang telah dicairkan sebesar Rp 200 miliar. Rinciannya, uang muka Rp 100 miliar dan tahap II Rp 70 miliar, ” jelas Robert Maturbongs. Pencairan kata dia, tak akan lama. Pasalnya, semua berkas yang diserahkan ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah dilengkapi. Sebelumnya memang ada kendala yang terjadi. Di mana bila disandingkan antara progres dan uang yang dicairkan itu tidak berimbang.

“Progres lebih besar tetapi pencairannya di bawah. Kenapa?, karena kemarin Pemprov dan PT SMI melakukan adendum terhadap cara pembayaran. Jadi, kemungkinan hari senin atau selasa depan sudah dicairkan,” ujarya. Di sisi lain, proses pembebasan lahan tidak menemui kendala. Sejauh ini, pemerintah telah membayarkan ganti rugi lahan sepanjang 3 kilometer. “Semuanya clean and clear, tidak ada tuntutan dari masyarakat dalam hal ini untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan antara pemda dan masyarakat, ” ungkapnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan