Ruksamin Jejaki Kerjasama dengan Pascasarjana Universitas Airlangga

KENDARINEWS.COM—Bupati Konawe Utara, Ruksamin terus melakukan ekspansi kerjasama didunia perguruan tinggi (PT). Tak hanya membangun kerjasama dengan PT yang ada diwilayah Sulawesi Tenggara, namun diluar Sultra, Ruksamin terus menjejaki hubungan kerjasama untuk memajukan pendidikan di wilayahnya..

Terbaru, Ruksamin memperkuat hubungan kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Komitmen kerjasama diaplikasikan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi generasi Konut dalam mewujudkan visi Konawe Utara yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Bupati Ruksamin bersama Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Badri Munir Sukoco, S.E., MBA., Ph.D, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dengan Sekolah Pascasarjana Unair Surabaya.

Kerjasama tersebut mencakup berbagai bidang, antara lain pendidikan, pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengabdian masyarakat. Acara penandatanganan PKS ini berlangsung di Gedung Baru Sekolah Pascasarjana Unair Surabaya, Rabu, 5 Juni 2024.

“Ucapan terima kasih kepada Universitas Airlangga yang telah menerima Pemkab Konawe Utara untuk menjalin kerjasama ini. Suatu kebahagiaan dan kehormatan yang luar biasa bagi kami bahwa Pemkab Konawe Utara dapat diterima. Kerjasama ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan bersama,”kata Dr. Ruksamin.

Konut-1 menekankan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari implementasi visinya, Konawe Utara Sejahtera dan Berdaya Saing (Konasara). Menurutnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

“Untuk menuju visi tersebut, maka kita harus meningkatkan SDM-nya dulu,”tegasnya.

Bagi Ruksamin, Konawe Utara adalah daerah yang kaya akan sumber daya alam, dan untuk mengelola kekayaan tersebut diperlukan SDM yang unggul. Sehingga perlu dukungan peningkatan SDM di wilayahnya.

Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara saat ini telah menggratiskan biaya SPP bagi seluruh mahasiswa asal Konawe Utara. Kebijakan tersebut merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pemda dalam mendorong peningkatan akses pendidikan bagi masyarakat.

Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti kerjasama ini, Ruksamin langsung menginstruksikan dinas terkait untuk memprogramkan 20 ASN asal Konawe Utara untuk melanjutkan pendidikan S2 di Unair. “Asisten II, kita programkan untuk 20 ASN dulu,” ucapnya dengan tegas.

Direktur Mohammad Nasih mengapresiasi inisiatif Bupati Ruksamin. Ia menyatakan bahwa Universitas Airlangga sangat menyambut baik kerjasama ini dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama ini dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh. Universitas Airlangga siap berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Konawe Utara melalui program-program akademik dan penelitian yang unggul,” kata Prof. Nasih.

Dalam acara penandatanganan PKS tersebut, Bupati Ruksamin didampingi oleh para staf ahli, sejumlah kepala OPD, dan kabag lingkup Pemda Konawe Utara. Bupati turut menyerahkan cendera mata kepada Direktur Pascasarjana Unair. (Min/kn)

Tinggalkan Balasan