KPU Konut Mitigasi Cuaca Ekstrim saat Pendirian TPS,

KENDARINEWS.COM–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe Utara melakukan mitigasi terhadap tempat pemungutan suara (TPS) yang rentan dan rawan akan terjadinya bencana. Mitagasi awal dilakukan oleh untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi.

Ketua KPUD Konut, Abd Makmur, menuturkan menjelang hari H pemungutan suara, yang sedang dilakukan oleh KPUD adalah mitigasi pendirian TPS yang layak dan bebas dari ancaman banjir, puting beliung hingga potensi cuaca ekstrim yang kemungkinan terjadi dibulan Februari.

“Berdasarkan mitigasi dari BMKG, kemungkinan bulan Februari memasuki musim penghujan. Kita ketahui sendiri dibeberapa titik terdapat daerah yang rawan dengan cuaca ekstrim berupa angin kencang,”ujar Ketua KPUD Konut, Abd Makmur, (30/1).

Dengan dasar itulah KPUD Konut sedang memetakan terkait dengan pendirian-pendirian TPS yang khususnya desa yang lebih dari satu TPS, yang terpaksa ada yang didirikan diluar ruangan.

“Inilah yang kami coba mitigasi untuk meminimalisir pendirian TPS diluar ruangan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di hari H yang diakibatkan oleh kondisi cuaca yang ada atau faktor alam yang lain,”ujarnya.

Mantan Anggota Bawaslu Konut itu mengaku daerah yang dianggap rentan dan rawan cuaca ekstrim salah satunya adalah daerah yang berada diwilayah pesisir pantai. Kemudian daerah yang selama ini rawan dengan banjir.

Sehingga salah satu yang dilakukan oleh KPUD dengan membangun komunikasi dengan pemerintah daerah. “Bagaimana caranya menjadi perhatian bersama dalam pendirian TPS dari faktor resiko bencana,”ujarnya.

Selain itu, Abd Makmur menambahkan KPUD Konut kini sedang melakukan pengepakan logistik digudang logistik sambil menunggu kekurangan logistik yang kini sedang dalam perjalanan.

“Kotak suara bilik suara cukup. Surat suara secara umum sudah terpenuhi atau persentasenya 99 persen. Sedikit kekurangan pada surat suara DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPR RI, tapi itu tidak signifikan, untuk DPD sudah cukup. Informasinya surat suara kekurangan sudah tersedia, akan dijemput pada tanggal 31 Januari,”pungkasnya. (min/kn)

Tinggalkan Balasan