Minimalisir ‘Kebocoran’, Harmin Wacanakan Pembayaran PBB Lewat QRIS

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba ingin merubah mode pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang masih dilakukan secara manual. Harmin ingin mengadopsi transaksi digital agar pembayaran PBB bisa lebih efisien dan cepat. Sebab itu, dirinya mewacanakan pembayaran PBB dilakukan lewat aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Pj Bupati Harmin Ramba mengatakan, digitalisasi pembayaran PBB di Konawe, nantinya bakal dilakukan via QRIS Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra. Katanya, selain sebagai implementasi desa digital, hal itupun dapat mencegah kebocoran pajak dalam hal pelunasan PBB yang dilakukan masyarakat.

“Ini akan kita mulai ditahun 2024. Jadi semua desa dan kelurahan se-Konawe, saya tegaskan harus mulai menerapkannya. Tidak ada lagi proses manual kalau mau bayar PBB,” tegas mantan Camat Abuki itu, Selasa (2/1).

Harmin Ramba menuturkan, pembayaran PBB via QRIS, prosesnya lebih praktis sebab dapat dilakukan via smartphone. Duit pembayaran pajak, prosesnya tidak lagi transaksi tunai sehingga meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Ia pun menyebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bakal segera merancang pemanfaatan QRIS BPD Sultra untuk pembayaran PBB. 

“Sekarang ini semua serba digital. Makanya kita harus berbenah. Karena kalau tidak, kita pasti tergilas dengan zaman,” imbuhnya. (adi).

Tinggalkan Balasan