Kemenag Target 10 Ribu Peserta Kirab Hari Santri

KENDARINEWS.COM–Kanwil Kemenag Sultra turut menyemarakkan Hari Santri Nasional 2023. Beberapa rangkaian kegiatan dihelat salah satunya Kirab Kebangsaan yang diprediksi akan diikuti sekitar 10 ribu peserta hari ini (23/10).

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh menargetkan 10 ribu peserta dalam kirab Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Santri tahun ini. Ia optimis jumlah tersebut terpenuhi karena akan diikuti oleh seluruh Satker Kemenag di Sultra mulai Kantor Agama di 17 Kabupaten/Kota, siswa madrasah termasuk seluruh santri pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Sultra.

“Kirab Kebangsaan ini kita laksanakan dengan rute dari Masjid Agung dan finish di Masjid Amal Bakti Kemenag Sultra,” ungkap Muhammad Saleh, kemarin.

Lanjut, peringatan Hari Santri Nasional penting untuk dilaksanakan karena menjadi momentum untuk meningkatkan semangat para santri yang ada di Indonesia untuk senantiasa berbakti kepada bangsa dan negara termasuk untuk meneguhkan diri sebagai hamba yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

“Hari Santri ini menjadi momentum bagi kita semua untuk merajut semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Santri sebagai ujung tombak bangsa ini harus setia dan taat kepada Allah SWT serta senantiasa menjaga dan mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Saleh.

Selain kirab Kebangsaan, peringatan Hari Santri tahun ini telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti lomba pidato yang dilaksanakan bekerjasama dengan Densus 88 Anti Teror Polda Sultra, dzikir Akbar dan puncak peringatan pada 24 Oktober akan dilaksanakan Apel Santri yang dipusatkan di Ponpes Al Manan Kendari yang diikuti dengan pelaksanaan Expo Kemandirian Pesantren (22-26 Oktober) di Kampus 3 IAIN Kendari.(kn)

Tinggalkan Balasan