Diawali Apel Kesiapsiagaan, Kegiatan Bulan PRB Dimulai Hari Ini

KENDARINEWS.COM–Puncak Bulan Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) yang dipusatkan di Sulawesi Tenggara dimulai hari ini (11/10). Agenda diawali dengan apel kesiapsiagaan yang rencananya dipimpin langsung PJ Gubernur Sultra Komjen Pol (P) Andap Budhi Revianto di area eks MTQ pagi ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sultra, Dedet Ilnari Yusta mengatakan, kegiatan apel siaga bencana dan simulasi bencana banjir akan diikuti oleh 800 peserta yang tersebar dari 17 Kabupaten dan kota se Provinsi Sultra. Kegiatan akan dilaksanakan di eks MTQ,  hari ini tepat pada pukul 07.00 Wita.

“Apel siaga bencana ini secara langsung akan dipimpin bapak Pj Gubernur Sultra. Kita juga sudah mengundang semua lembaga instansi yang ada kaitanya dengan kebencanaan di Sultra, baik TNI/Polri, Lembaga-lembaga dan dinas terkait lainya dengan total peserta kurang lebih 800 orang,”kata Dedet selaku panitia kegiatan apel kesiapsiagaan.

Dijelaskan sesungguhnya banyak peserta dari Provinsi  lainya yang ingin bergabung bersama dalam apel kesiap siagaan ini. Mengingat para tamu dari Provinsi lainya di Indonesia kini mulai berdatangan. Namun karena keterbatasan lokasi, maka dipertimbangkan untuk apel kesiapsiagaan bencana hanya diikuti linkup Sultra saja.

“Hari ini (kemarin red) kita sudah lakukan gladi simulasi apel kesiap siagaan. Setelah apel siaga akan dilanjutkan dengan gladi simulasi penanganan banjir, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai tahap pengakhiran,”ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat terjalin komunikasi dan koordinasi antar semua pihak terkait penanggulangan bencana di daerah. 

“Tentu harapan kami di BPBD Sultra dan BNPB melalui kegiatan ini adalah akan terjalin komunikasi dan koordinasi sehingga saat terjadi bencana tak ada lagi pengkotak-kotakan lembaga, tetapi semua berada dalam satu komando penanganan bencana,”harapnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan