Tenun Konasara ‘Berkibar’ di Jakarta Fashion Food and Fastival

KENDARINEWS.COM–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe Utara terus menggaungkan tenun khas Konasara dipentas nasional.

Kali ini, Dekranasda dibawah kepemimpinan Hj. Nurponirah Ruksamin mempromosikan motif kalosara atau lebih dikenal dengan tenun konasara yang menjadi icon tenun tanah Oheo diajang pentas Jakarta Fashion Food and Fastival (JF3), Kelapa Gading, Jakarta.

Ketua Dekranasda Konut, Hj Nurponirah Ruksamin, melalui pengurusnya Ery Astuti Husaini menuturkan tenun Konasara merupakan kerjasama dengan desainer ternama tanah air, Defrico Audy, dalam mempromosikan kerajinan tangan yang miliki Konawe Utara.

“Kali ini defrico audy terinspirasi dari sebuah mimpi indahnya berlibur semalam dikota Paris dimalam hari,
Audy mewujudkan dan menuangkan mimpinya dikoleksinya kali ini yang bernafas romantic dan dramatic dengan mengangkat kain tenun Konawe Utara,”kata Kabag Umum Sekretariat Pemkab Konut itu, (24/7).

Ery Husainy menuturkan motif kalosara atau lebih dikenal dengan tenun Konasara yang sangat indah ditenun diselembar kain oleh pengrajin membuat busana tersebut lebih kelihatan elegan dan penuh filosofi.

Balutan warna hijau saga, hijau mint dan paduan hitam membuat siluete tegas tapi tetap kelihatan cantik nan elegan dan siluette yang melembung dan fkowing seperti baju dua bangsawan middle east yang sedang berlibur di kota Paris di malam hari.

“Kali ini Dekranasda Konawe Utara dalam pimpinan Hj. Nurponirah Ruksamin bekerja sama denga desainer Defrico Audy yang merupakan representasi Konut dengan tema one of night in Paris diselanggarakan pada sabtu 22 Juli 2023 di sumarecon kelapa gading dalam acara Jakrta Fashion Food and Fastival (JF3),”ujarnya menutup. (min/kn)

Tinggalkan Balasan