Irfan Urane Azis, Putra Jenderal Bintang 4 Jadi Lulusan Terbaik Akpol 2023, Ini Prestasinya

KENDARINEWS.COM—Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Idham Aziz patut berbangga. Dua anak laki-lakinya mengikuti jejaknya masuk di Akademi Kepolisian (Akpol) seperti ayah mereka dulu.

Keduanya bahkan dikenal berprestasi di Akpol. Ilham Urane Aziz dan Irfan Urane Aziz keduanya berhasil menjadi taruna Akpol dengan raihan nilai tertinggi dalam seleksi di tahun angkatan yang berbeda.

Terbaru Irfan Urane Azis meraih penghargaan Adhi Makayasa 2023. Pengakuan tertinggi di Akademi kepolisian (Akpol) itu diberikan Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) Irjen Krisno H Siregar, pekan lalu.

Irfan Urane dianggap cakap dan memiliki sederet prestasi ditingkat nasional maupun internasional. Sebagaimana dilansir akun TikTok @abdinegaranews pada Senin, 26 Juni 2023, Urane meraih tiga macam tanda penghargaan, yaitu medali dan piagam Adhi Makayasa, medali dan piagam Ati Tanggap Emas, serta medali dan piagam Ati Tanggon Emas.

Kemampuan luar biasa Urane ternyata telah terlihat sejak ia masih duduk di bangku sekolah. Terbukti mulai tahun 2014 sampai 2017, namanya tidak pernah absen meraih berbagai penghargaan dari kompetisi yang diikuti di kancah nasional maupun internasional.

Sederet penghargaan yang berhasil diraih Irfan Urane Aziz adalah

1st Place American Mathematic Competition (AMC8) tahun 2014.

3 Gold Medals Wizard dalam ajang Mathematics International Competition (WIZMIC) India tahun 2014

Gold Asia International Mathematics Olympiad Open Contest tahun 2015

Medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika tingkat SMP tahun 2015

2 Gold medals International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) Malaysia 2015  

Medali perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika tingkat SMA 2016

Juara 1 lomba Matematika tingkat nasional UGM Yogyakarta 2016

Kompetisi Matematika Nalaria Realistik tingkat nasional ke-12 medali emas (best of the best) 2017

Medali perak Olimpiade Sains Nasional SMA tingkat nasional tahun 2017

Grand champion dalam ajang Internasional Mathematics Contest Singapura (IMCS) 2017

Di balik keberhasilannya meraih sejumlah pencapaian di atas, lulusan terbaik Akpol 2023 itu mengaku selalu menanamkan pesan kedua orang tuanya.

“Yang pertama pesan bapak saya, ‘kerjakan hari ini juga karena esok adalah alasan dari kemalasan dan ketidakmampuan’ yang artinya jangan menunda-nunda,” kata Urane

“Lalu yang kedua pesan ibu saya ‘di atas langit masih ada langit’ yang mengajarkan untuk humble dan tidak sombong,” sambungnya.

Menyingung tiga tanda penghargaan yang diterimanya di Akpol, Urane mengaku sangat senang dan bersyukur. Dia menyadari perjuangan yang dijalankan selama pendidikan di Akpol bisa lancar karena doa dan support kedua orangtua.

Kemudian, Urane mengungkap perjuangannya bisa meraih penghargaan. Memang, Urane sudah menargetkan berusaha berjuang yang terbaik. Sebab, ia meyakini bahwa proses tidak pernah menghianati hasilnya. “Jadi, setiap harinya selama pendidikan di Akpol, saya berusaha memberi yang terbaik,” pungkasnya. (kn/net)

Tinggalkan Balasan