Pemkab Konawe Siapkan 27 Ribu Hektare Areal LP2B

KENDARINEWS.COM — Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menyiapkan areal persawahan seluas 27 ribu hektare sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). Penyiapan lahan itu menindaklanjuti dipilihnya Konawe sebagai lokasi pelaksanaan LP2B oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Konawe, Gunawan Samad, mengatakan, pihaknya saat ini mulai menyosialisasikan kepada masyarakat petani terkait LP2B tersebut. Menurutnya, sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk menginformasikan pentingnya proteksi terhadap lahan pertanian. Sehingga, alih fungsi lahan sawah menjadi nonsawah dapat diminimalisir.

“Dengan demikian, ada jaminan terciptanya kedaulatan pangan secara berkelanjutan. Lahan pertanian di Konawe jangan sampai berkurang akibat konversi lahan yang menyalahi aturan,” ujar Gunawan Samad, Jumat (26/5). Ia menuturkan, pasca sosialisasi dilakukan terhadap masyarakat petani, pihaknya akan mengajukan lahan mana saja yang diusulkan menjadi lokasi pelaksanaan LP2B ke Kementan RI. Secara akumulasi, sambungnya, luas lahan persawahan yang disiapkan Pemkab Konawe, yakni 29 ribu hektare. Namun, Kementan RI hanya menyanggupi 27 hektare.

“27 ribu hektare sawah itu tersebar di beberapa kecamatan. Ada yang di Wawotobi, Wonggeduku, Tongauna, Amonggedo, Pondidaha dan Lambuya,” tandas mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe itu. (kn)

Tinggalkan Balasan