Mudahkan Pantau Perkembangan Harga Komoditas, Disperindag Sultra Siapkan SIPAP

KENDARINEWS.COM — Kondisi harga pangan dipasaran tidak menentu. Terkadang harga komoditas naik. Kadang turun. Agar perkembangan harga terpantau dengan baik dan real time, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadirkan SIPAP (Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau).

Kepala Disperindag Sultra, Hj. Sitti Saleha menjelaskan, SIPAP adalah Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau. Sistem ini, ditujukan untuk mempermudah distribusi data perdagangan dari seluruh kabupaten/kota di Sultra. “SIPAP merupakan aplikasi yang digunakan setiap kabupaten/ kota untuk melaporkan dan memonitoring persebaran komoditas,” ungkap Sitti Saleha, kemarin.

Dia berharap, lewat SIPAP, semua data pangan dari kabupaten/ kota, menjadi lebih rapi dengan satu pintu pelaporan data dan format yang seragam. Nantinya, dibentuk dalam model data tabel dan grafik. Supaya, memudahkan visualisasi dan monitoring data komoditas, serta perkembangan harga untuk masing-masing daerah. “Sistem ini, bisa diakses siapa saja lewat website https://sipap. sultraprov.go.id. Kami harap sistem ini, bisa membantu stakeholder dalam mengambil kebijakan. Terutama tekait pangan,” imbuhnya. (kn)

Tinggalkan Balasan