Jelang Idul Fitri Harga Bapok di Konkep Stabil

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Konkep menjamin ketersediaan stok bahan pokok dan kestabilan harga-harga di tengah masyarakat 

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UMK Konkep, Sudirman, mengatakan pihaknya sudah memastikan bahwa jumlah atau stok bahan pokok dan harga bahan pokok di Konkep  menjelang hari Raya Idul Fitri dipastikan aman dan terkendali.

“Untuk stok bahan pokok saya rasa masih aman, dimana hal ini kita pastikan setelah kemarin kami melakukan pemantauan di tujuh kecamatan se Konkep dan dari hasil pemantauan tersebut stok diseluruh pasar kita dipastikan aman dan harga-harga juga stabil,” ujar Sudirman saat ditemui diruang kerjanya Senin (17/4). 

Dia melanjutkan, walaupun terdapat beberapa komoditi yang stabil ada juga beberapa komoditi yang mengalami penurunan dan kenaikan. Dimana yang mengalami penurunan seperti beras dan jenis cabe-cabean baik itu cabe besar, cabe keriting maupun cabe rawit. Sedangkan untuk yang mengalami kenaikan yakni telur. 

“Untuk beras medium terjadi penurunan yang semula Rp 14.000 kini menjadi Rp 13.000 per Kg. Sedangkan untuk jenis cabe-cabean yakni cabe besar yang semula Rp 70.000 kini Rp 50.000 per Kg, cabe keriting yg semula Rp 75.000 kini Rp 40.000 per kg dan untuk cabe rawit yang semula Rp 70.000 saat ini tinggal Rp 60.000 per kg. Sedangkan telur mengalami kenaikan dari Rp 32.500 menjadi Rp 40.000 per kg,” jelasnya. 

Dia mengungkapkan, menjelang hari Raya ini terjadi peningkatan jumlah pembeli, akan tetapi kenaikan atau peningkatan jumlah pembeli ini tidak terjadi secara signifikan. Hal ini disebabkan beberapa masyarakat berbelanja kebutuhannya langsung di Kota Kendari, sehingga hal ini menyebabkan tidak terjadi peningkatan yang signifikan dari pembeli dipasar. 

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan stok bahan pokok kita, karena stok di Konkep sangat terjamin dan tersedia. Jadi masyarakat tidak perlu panik jelang lebaran karena kami akan memastikan stok ini aman hingga hari Raya,” pungkasnya. (jib/kn) 

Tinggalkan Balasan