Rp 825 Juta DBH untuk Seluruh Desa di Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Total anggaran yang mengalir ke semua desa di Kabupaten Wakatobi tahun ini sebesar Rp 108 miliar. Rp 107 miliar lebih merupakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Sementara dana bagi hasil (DBH) pajak daerah untuk desa tahun ini mencapai Rp 825 juta. Nominal tersebut akan dibagikan ke 75 desa yang ada di Wakatobi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kapala Badan Pengelolana Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, menjelaskan, untuk sebesar Rp 59 miliar adalah DD dan sisanya untuk ADD yang merupakan 10 persen dari dana transfer, atau kurang lebih Rp 48 miliar. “Kalau totalnya kan kurang lebih Rp 108 miliar. Kalau DD dan ADD tahun ini lebih Rp 107 miliar. Sisanya Rp 825 juta untuk dana bagi hasil,” ulang Nurbahtiar, menegaskan, Selasa (28/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk DD saat ini mulai memasuki tahap pencairan. Puluhan Pemerintah Desa telah melakukan usulan sejak awal Maret lalu. Pihak BPKAD Wakatobi telah mengajukan ke Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau. Sebab pencairan DD dari KPPN langsung ke kas desa masing-masing. Ada pencairannya langsung ke kas desa seperti DD karena melalui anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN).

Sementara ada juga dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang prosesnya harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. “Setelah ada, barulah kita buatkan permintaan sesuai dengan isi rekomendasi tersebut,” tambah Nurbahtiar.

Untuk diketahui, selain 75 desa, sebanyak 25 kelurahan di Kabupaten Wakatobi tahun ini juga mendapat alokasi anggaran dengan total sebesar Rp 5 miliar. Dengan demikian, masing-masing kelurahan di Wakatobi mendapatkan dana sejumlah Rp 200 juta. (b/thy)

Tinggalkan Balasan