Pemkab Koltim Bakal Gelar Diklat Prajabatan CPNS

KENDARINEWS.COM — 143 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) hasil perekrutan tahun 2021 lalu, kini mulai mengikuti orientasi, sebelum menjalani pendidikan dasar prajabatan. CPNS tersebut akan melaksanakan orientasi hingga 24 Maret 2022 di aula kantor bupati Koltim.

Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenawas, menegaskan, setiap CPNS yang dinyatakan lolos seleksi, harus mengikuti orientasi yang diadakan, termasuk prajabatan di Balai Diklat Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra). “Orientasi ini sebagai pembekalan awal sebelum mengikuti Diklat prajabatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” katanya, Senin (21/3).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra itu menjelaskan, orientasi dan Diklat merupakan masa percobaan sebelum CPNS tersebut ditetapkan sebagai Abdi Negara secara penuh. “Bagi 143 CPNS agar tetap hadir selama masa orientasi dan Diklat nanti. Sebab bagi CPNS yang tidak mengikuti dan memiliki nilai rendah, dapat berakibat fatal,” tegas Sulwan, mengingatkan.

Suasana pembukaan orientasi bagi ratusan CPNS lingkup Pemkab Koltim yang dibuka Pj Bupati, H. Sulwan Aboenawas, kemarin.

Ia berharap, usai masa orientasi, para CPNS dapat menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan dengan disiplin, jujur dan profesional. “Saya harapkan CPNS yang mengikuti orientasi dapat menerima materi terkait penguatan tata kelola pemerintah yang baik, bersih dan transparan dalam melayani masyarakat. Ikuti sampai selesai orientasi ini hingga prajabatan nanti. Jangan tidak hadir,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Bidang Mutasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Koltim, Ruslan, mengaku, usai orientasi itu, 143 CPNS akan mengikuti Diklat prajabatan pada April mendatang. “Orientasi ini hanya untuk CPNS saja. Kalau bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, nanti langsung menjalankan tugas,” tandas Ruslan. (b/kus)

Tinggalkan Balasan