Terbaik Kelola DD, Pemkab Konawe Terima Reward KPPN Kendari

KENDARINEWS.COM — Prestasi mentereng kembali diraih pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe. Otorita Bupati Kery Saiful Konggoasa menjadi yang terbaik pengelolaan dana desa (DD) semester II tahun 2021. Atas capaian hebat tersebut, Pemkab Konawe diberi penghargaan (reward) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari selaku perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga Permana menerima langsung reward yang diserahkan Kepala KPPN Kendari, Teguh Ratno Sukarno. Reward itu diberikan saat giat Sosialisasi Penyaluran DAK Fisik, Dana Desa, dan Dana BOS, Rabu (16/3).

Kepala DPMD Konawe, Keni Yuga Permana mengatakan, penghargaan yang diberikan KPPN Kendari, didasarkan penilaian terhadap beberapa indikator pengelolaan DD. Yakni, kecepatan waktu penyaluran DD dengan skor 40 persen, penyerapan anggaran 30 persen, capaian output 25 persen, dan partisipasi aktif sebesar 5 persen.

Kepala DPMD Konawe Keni Yuga Permana (kiri), menerima reward berupa piagam penghargaan dari Kepala KPPN Kendari Teguh Ratno Sukarno (kanan), kemarin. Pemkab Konawe menyabet peringkat satu penilaian kinerja DD semester II tahun 2021.

“Itulah menjadi indikator penilaian KPPN Kendari yang membawahi beberapa kabupaten: Konawe, Konkep, Konut, Konsel, Kendari dan Bombana. Diantara beberapa kabupaten/kota dengan indikator tersebut, Pemkab Konawe tercepat kelola DD. Sehingga diberi reward. Dibawah kita, ada Konut dan Konkep diposisi kedua dan ketiga,” beber Keni Yuga Permana kepada Kendari Pos, Rabu (16/3).

Keni menuturkan, penilaian kinerja DD tersebut tiap tahun dilaksanakan. Sehingga, ada reward yang diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) DPJb Sultra melalui KPPN Kendari. Ia mengaku, tak ada insentif yang diterima Konawe atas reward tersebut. Kendati demikian, dirinya tetap komitmen agar prestasi tetap diraih pada tahun-tahun berikutnya. Makanya, mantan Camat Anggalomoare itu mengharapkan para kepala desa (kades) se-Konawe untuk tetap memperhatikan hal-hal yang menjadi indikator penilaian kinerja DD.

“Dan itu memang merupakan tugas kita dalam pengelolaan DD. DPMD diberikan tugas untuk melaksanakan pembinaan terkait permintaan data-data tersebut,” ujarnya. Keni menambahkan, beberapa kiat telah disiapkan guna mempertahankan prestasi atas reward yang diberikan KPPN Kendari. Terkait regulasi misalnya, mulai dari proses perencanaan, pencairan, pengelolaan, hingga pelaporan DD, DPMD Konawe akan menyampaikan ke pihak pemerintah desa (pemdes) untuk selalu taat terkait penyampaian dokumen dan laporan pertanggungjawaban tepat waktu. Dengan demikian, semua data-data yang diminta sebagai syarat pencairan maupun pelaporan DD tersebut, sesegera mungkin untuk cepat dilaksanakan.

“Capaian ini berhasil diraih atas bimbingan dan arahan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan. Selaku instansi teknis, DPMD Konawe senantiasa diberikan dorongan dan arahan untuk terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada kades agar taat terhadap pengelolaan DD,” pungkas jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tersebut. (b/adi)

Tinggalkan Balasan