Mantapkan Rencana Kerja, Pemkab Konsel Gelar Forum OPD

KENDARINEWS.COM — Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dikumpulkan dalam forum organisasi perangkat daerah (OPD). Guna meningkatkan insfrastruktur sumber daya manusia yang berdaya saing dalam mendukung pemulihan ekonomi dan kesehatan. Dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan, H Sjarif Sajang. Bertempat di Aula Bappeda setempat, Rabu (16/3).

H Sjarif Sajang

Syarif mengatakan, forum ini untuk menyinkronkan usulan dari Musrenbang Kecamatan dan hasil reses DPRD Konsel yang ter-plenokan. Diselaraskan untuk didudukan pada masing-masing OPD. Kemudian menjadi skala prioritas yang menjabarkan visi dan misi daerah.
“Memastikan sistem perencanaan tertata dengan rapi. Melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, kami menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkapnya saat ditemui usai memimpin forum tersebut.

Ia menambahkan, dalam forum OPD ada tiga unsur yang menjadi pokok perhatian. Yakni infrastruktur, pemerintahan dan sumber daya manusia. “Bapedda telah diminta mengawal agar kerja OPD sesuai format RPJMD Konsel. Dan tidak boleh keluar dari visi dan misi Konawe Selatan dibawah kepemimpinan Bupati H Surunuddin Dangga,” ujarnya.

Syarif berharap forum OPD terdokumentasi dengan baik. Bukan hanya seremonial. Artinya segala rencana usulan dari Musrenbang Kecamatan dan hasil reses DPRD Konsel yang ter-plenokan terakomodir dengan baik. “Usulan itu, kita sandingkan sebagai perencanaan untuk dokumen RAPBD 2023. Dibawa dalam Musrenbang Kabupaten,” kata Syarif.

Hal senada diungkapkan Kepala Bapedda Konsel, Sajuddin Idris. Ia menambahkan, usulan yang ada dipadukan dan naik ke Musrenbang Kabupaten. Kemudian dimasukkan dalam isu pemerintahan. “Insya Allah, pekan depan kami akan mengadakan Musrenbang Kabupaten, menghadirkan pemangku kebijakan termasuk Forkopimda se Kabupaten Konawe Selatan,” imbuhnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan