TNI-Polri di Buton Benahi Pasar dan Pelabuhan


KENDARINEWS.COM — Kolaborasi jajaran Kepolisian Resort (Polres) Baubau bersama Kodim 1413 Buton, dibantu personel Pemadam Kebakaran dan Dinas Lingkungan Hidup menggelar aksi bakti sosial pada sejumlah titik pusat aktivitas publik di metro itu. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memeringati hari sampah nasional.

Wakapolres Baubau, Kompol Bahtiar, yang memimpin langsung aksi bersih-bersih itu mengatakan kondisi terparah akibat cuaca ekstrem terjadi di Jembatan Batu, Islamic Center dan Pasar Wameo.

“Tumpukan sampah di titik-titik ini sangat banyak sebagai akibat dari cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir. Makanya kita bahu-membahu membersihkan. Ada anggota Polri 3 peleton, TNI 2 peleton dibantu dengan pegawai Dinas Kebersihan Kota,” terangnya, Selasa (22/2). Kurang lebih dua jam membenahi tiga lokasi itu, arus lalulintas berangsur membaik. Potongan kayu yang berasal dari kios-kios yang ambruk sudah dirapikan. Sehingga para pedagang pun mulai menggelar lapak darurat untuk melanjutkan aktivitas sehari-harinya di pasar.

BENAHI WILAYAH : Memeringati hari sampah nasional, personel Polres Baubau, Kodim 1413 Buton, para pegawai Pemkot menggelar bakti sosial membersihkan sampah di Pelabuhan Rakyat, Islamic Center dan Pasar Wameo.

“Selain kayu-kayu memang banyak sekali sampah lain. Itu sepertinya sampah dari laut, tapi asalnya dari warga yang membuang ke situ. Sekarang dikembalikan lagi di darat, ini teguran sebenarnya untuk kita, jangan membuang sampah ke laut,” tambah Bahtiar. Untuk diketahui, Jembatan Batu, Islamic Center dan Pasar Wameo merupakan tiga titik yang terdampak cuaca buruk dalam sepekan terakhir. Hujan deras yang bertepatan dengan gelombang pasang yang terjadi menghempas hingga ke darat. Sejumlah kios dan lapak pedagang porak-poranda.

Selain bakti sosial, Polres Baubau dan TNI juga melakukan aksi bagi-bagi masker bagi pedagang dan pengunjung pelabuhan serta pasar. Itu dilakukan karena peningkatan kasus covid yang terjadi akhir-akhir ini. DPRD Kota Baubau mengapresiasi kegiatan TNI-Polri itu. “Kami juga meninjau langsung dampak hujan kemarin dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan TNI-Polri hari ini,” ungkap Muh. Ahadiyat Zaman, Ketua Komisi III DPRD Kota Baubau. (b/mel)

Tinggalkan Balasan