Kades Pemkab Konut Didesak Tetapkan KPM BLT DD


KENDARINEWS.COM — Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) mendesak Pemerintah Desa (Pemdes) secepatnya menetapkan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD). Penegasan itu disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Konut, Sukarjo.

“Kami sudah berapa kali menyampaikan secara lisan maupun tertulis agar Pemdes secepatnya menetapkan jumlah KPM BLT DD. Tapi masih ada juga kepala desa yang belum merespon instruksi dari dinas,” kesal Sukarjo, Selasa (22/2). Ia menjelaskan, salah satu syarat pencairan DD harus menetapkan terlebih dahulu KPM penerima BLT yang bersumber dari APBN. Jika BLT DD sudah dapat dicairkan selama tiga bulan, Pemdes sudah dapat meminta untuk pencairan anggaran tahap berikutnya.

Sukarjo

“Kalau memang jumlah penerima KPM BLT DD tak cukup 40 persen, tidak apa-apa. Nanti kita tunggu kebijakan baru terkait penggunaan dana selanjutnya,” ujar Sukarjo. Berdasarkan data yang masuk di DPMD Konut, baru sekitar delapan desa yang telah menetapkan KPM BLT DD dari 159 desa pada 13 kecamatan. “Pemdes ini memang kadang lambat dalam menetapkan KPM. Padahal tidak rumit. Akhirnya menghambat juga kinerja DPMD sebagai instansi teknis,” sindir Sukarjo. (c/min)

Tinggalkan Balasan