Sri Lestari Resmikan Kampung Germas Wundumbatu

KENDARINEWS.COM — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj Sri Lestari Sulkarnain meresmikan Kampung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kelurahan Wundumbatu. Melalui kampung germas, diharapkan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarat terlebih dimasa pandemi covid-19.

Pencanangan kampung germas kata Sri Lestari, penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat. Untuk itulah, masyarakat harus diedukasi tentang tiga dasar germas seperti masayarakat diwajibkan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Seperti melakukan senam secara teratur. Selain itu, masyarakat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan memeriksakan diri secara teratur.

“Kampung germas yang ada saat ini harus tetap pertahankan Meskipun infrastruktur yang ada masih belum sepenuhnya memadai. Kampung germas yang telah direncanakan kita sudah wujudkan. Tinggal bagaimana kita pertahankan agar masyarakat kita bisa sehat semuanya,” kata Sri Lestari.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Germas dan Kampung Tangguh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, Elfi mengatakan sengaja mendaulat Kelurahan Wundubatu sebagai kampung germas di Kendari karena komitmen kuat dari pemerintah kelurahan setempat yang bersedia menggalakkan program germas d iwilayahnya.

“Ada yang menarik di kampung Wundumbatu. Meskipun berada di pinggir kali, mereka komitmen untuk menggalakkan germas. Padahal kita tahu sendiri kalau pinggir kali itu rawan terhadap gerakan-gerakan seperti buang sampah sembarangan, buang air besar sembarangan, tapi ternyata lurah Wundumbatu ini ingin membalik paradigma tersebut sebagai potensi untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Elfi.

Atas dasar itulah, pihaknya mendaulat Kelurahan Wundubatu sebagai Kampung Germas pertama di Kota Lulo. Pencanganan kampung germas, lanjut Elfi, menjadi bukti bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab satu orang atau suatu instansi saja, melainkan tanggung jawab bersama.

“Kampung Germas ini merupakan satu contoh atau cerminan bahwa, kesehatan bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, kesehatan bukan hanya tanggung jawab teman teman kita yang ada di puskesmas. Tapi dengan di launchingnya kampung Germas, maka menjadi tanggung jawab kita bersama, tanggung jawab lintas sektor,” pungkasnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan