Bantuan Bibit dan Kartu Tani Disalurkan

KENDARINEWS.COM — Program pengembangan pala atau yang populer di telinga warga Buton dengan palanisasi, terus dioptimalkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Penyaluran 26 ribu bibit sudah hampir tuntas. Awal pekan ini, giliran para petani di Kecamatan Siotapina dan Lasalimu Selatan yang menerimanya.

Bukan hanya bibit pala, ada bibit kelapa dan pompa air juga turut dibagikan. Penyerahan bantuan tanaman dan alat pertanian secara simbolis itu dipusatkan di Desa Karya Jaya, Siotapina. Bupati Buton, La Bakry mengaku kian optimis atas target keberhasilan program palanisasi yang dicetuskannya itu.

Dia menyebut bantuan bibit pala yang Ia serahkan untuk Kecamatan Siotapina sebanyak 11.856 anakan dan 10.590 kilogram bibit organik. Untuk bibit kelapa sebanyak 7.480 anakan, berikut 6.600 kg pupuk organik. Sedangkan di Kecamatan Lasalimu Selatan 1.150 anakan pala dan 1.442 pupuk organik. “Bibit pala untuk seluruh petani di wilayah Kabupaten Buton berkisar 26.000 anakan dan bibit kelapa sebanyak 15.000 anakan, saat ini sudah hampir selesai penyalurannya,” rincinya.

La Bakry juga membagikan 317 kartu tani untuk warga Siontapina dan 448 bagi petani di Lasalimu Selatan. Kartu Tani untuk seluruh wilayah Kabupaten Buton berjumlah 4.000 lembar. “Selain itu saya juga serahkan pompa air empat unit. Untuk seluruh wilayah Kabupaten Buton sebanyak 10 unit,” terangnya. (b/lyn)

Tinggalkan Balasan