Prodi Kesmas UHO Kantongi Akreditasi Unggul

KENDARINEWS.COM—22 Februari 2024 lalu, di Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo (FKM UHO) dilaksanakan asesmen lapangan oleh tim asesor akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) PT Kes. Dimana Maret ini, Fakultas tersebut telah mengantongi akreditasi unggul.

Dekan FKM UHO, Dr. Suhadi, S.KM., M.Kes mengatakan bahwa setelah dilakukan asesmen lapangan oleh tim asesor beberapa waktu lalu, kini Prodi Kesmas UHO raih akreditasi Unggul. “Ini merupakan capaian yang membanggakan. Atas kerja sama semua dosen dan tim borang, Alhamdulillah kita berhasil meraih unggul,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa akreditasi Prodi merupakan ukuran mutu dari suatu penyelenggaraan pendidikan, capaian akreditasi dan menjadi ukuran kinerja suatu program studi dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Persiapan pelaksanaan akreditasi diawali dengan pembentukan tim akreditasi program studi. “Tim tersebut bekerja untuk menyusun dokumen borang akreditasi sesuai dengan petunjuk dokumen penyusunan borang yang telah ditetapkan LAM PT Kes, selanjutnya dokumen tersebut dikirim ke LAM PT Kes,” jelasnya.

Ia menerangkan, bahwa pelaksanaan Asesmen lapangan selama 2 hari terhitung sejak 22 Februari 2024 oleh Tim asesor LAM PT Kes. Selama visitasi lapangan, tim asesor melakukan investigasi dan verifikasi dokumen, data dukung lapangan, pengamatan sarana prasarana, peninjauan fasilitas pembelajaran, wawancara alumni, pengguna alumni, wawancara tenaga kependidikan dan wawancara kepada dosen serta mahasiswa.

“Hasil visitasi lapangan menjadi bahan penilaian oleh Tim Majelis akreditasi untuk ditetapkan predikat akreditasi. Pada hari ini Senin, 25 maret surat keputusan reakreditasi prodi S1 Kesmas FKM UHO memperoleh predikat unggul dengan nilai 362, sebagai suatu prestasi yang membanggakan untuk terus ditingkatkan di masa datang,” terangnya.

Masa berlaku akreditasi tersebut terhitung sejak, Jumat 15 Maret 2024 hingga 15 Maret 2029 mendatang. Prestasi yang berhasil diraih ini merupakan komitmen Prodi Kesmas UHO dalam memberikan kualitas pendidikan yang tinggi. “Akreditasi unggul ini berhasil didapatkan melalui proses berkelanjutan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta pelayanan terbaik untuk mahasiswa. Prestasi unggul yang berhasil diraih ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kesmas UHO, tapi juga dapat mendorong fakultas serta universitas agar terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa selaku dekan ia berharap dengan berbagai capaian akreditasi ini upaya-upaya peningkatan kualitas secara konsisten dan berkelanjutan oleh semua civitas akademika menjadi suatu sikap dan perilaku yang tidak terpisahkan dari semua kegiatan pembelajaran. “Hal ini bertujuan untuk menciptakan alumni yang mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak diragukan lagi. Kami akan berupaya untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja,” tutupnya.

(win).

Ketgam: Suasana pengamatan lapangan oleh asesor di FKM UHO di Februari lalu.

Tinggalkan Balasan