Agar Bertenaga, Ayo Konsumsi 7 Makanan ini saat Sahur dan Buka Puasa

KENDARINEWS.COM–Dalam menjalankan ibadah puasa, tubuh memerlukan asupan yang tepat untuk menjaga energi dan kesehatan.

Memilih makanan yang kaya akan nutrisi esensial menjadi kunci utama untuk mendukung aktivitas sehari-hari tanpa mengorbankan ibadah.

Dengan memperhatikan kualitas sahur dan buka puasa, kita dapat memastikan bahwa tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari dengan penuh semangat dan keberkahan.

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja. Namun, menjaga energi dan kesehatan selama bulan ini bisa menjadi tantangan.

Untuk itu, memasukkan makanan kaya nutrisi ke dalam sahur dan buka puasa Anda dapat menjadi kunci untuk menjaga stamina dan kesejahteraan selama bulan suci ini.

Berikut adalah tujuh makanan kaya nutrisi yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur atau buka puasa untuk Ramadhan yang penuh energi, dilansir dari Indian Express, Selasa (19/3).

1. Kurma: Sumber Energi Alami

Kurma adalah cara tradisional untuk memecah puasa dan dengan alasan yang baik. Kaya akan gula alami seperti fruktosa dan glukosa, kurma memberikan dorongan energi yang cepat dan berkelanjutan.

Selain itu, kurma juga sumber potasium yang baik, elektrolit yang membantu mengatur fungsi otot dan mencegah kelelahan.

2. Oat: Sumber Energi yang Mengenyangkan

Oat adalah sumber karbohidrat kompleks yang luar biasa, yang melepaskan energi secara perlahan sepanjang pagi.

Konsumsi oat saat sahur dapat membantu Anda merasa kenyang dan fokus lebih lama, mencegah crash energi yang ditakuti yang bisa terjadi selama puasa.

3. Biji Chia: Sumber Energi yang Menyehatkan

Biji chia kaya akan asam lemak omega-3, serat, dan protein. Ketika direndam dalam air atau susu, mereka mengembang dan menciptakan konsistensi seperti gel, yang dapat membantu menjaga hidrasi dan rasa kenyang.

4. Beri-Berian: Kaya Akan Antioksidan

Beri adalah cara lezat untuk mendapatkan dosis vitamin, mineral, dan antioksidan. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kelelahan

5. Ubi Jalar: Sumber Energi dengan Indeks Glikemik Rendah

Ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks, serat, dan berbagai vitamin. Mereka memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang mengarah pada pelepasan energi yang lebih lambat, yang dapat bermanfaat untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.

6. Sayuran Hijau: Jangan Lewatkan Sayuran!

Meskipun mungkin tidak terlihat seperti penambah energi, sayuran hijau gelap penting untuk menjaga tingkat energi selama Ramadhan.

Sayuran hijau kaya dengan vitamin, mineral, dan zat besi, yang semuanya berkontribusi pada aliran darah yang sehat dan pengiriman oksigen ke sel-sel Anda, membuat Anda merasa berenergi.

7. Yogurt dengan Probiotik: Kesehatan Usus untuk Stamina

Pilih yogurt polos dan tambahkan topping Anda sendiri seperti beri, kacang-kacangan, atau biji-bijian untuk opsi sahur yang lezat dan ramah usus.

Itulah tujuh makanan yang sebaiknya Anda tambahkan ke menu sahur dan buka puasa untuk memaksimalkan energi selama bulan Ramadhan.

Ingat, tetap terhidrasi sangat penting selama Ramadhan. Minumlah banyak air sepanjang malam setelah berbuka puasa untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan.

Seiring berakhirnya hari yang penuh dengan tantangan dan kesabaran, penting untuk memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan dan persiapan hari esok.

Makanan yang kita pilih saat sahur dan buka puasa bukan hanya sekedar mengisi perut, tetapi juga sebagai sumber energi dan vitalitas.

Dengan mengutamakan makanan yang tepat, kita tidak hanya memaksimalkan manfaat puasa, tetapi juga mendukung kesehatan jangka panjang.

Mari kita akhiri hari dengan rasa syukur dan persiapan yang bijak untuk menyambut hari-hari Ramadhan yang masih akan datang. (Jp/kn)

Tinggalkan Balasan