Pemprov Sultra Pastikan Tak Ada Anggara BBR dari Kemensos untuk Bantuan Eks Pengungsi Maluku

Kendarinews.com–Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan bahwa tidak ada anggaran Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang dialokasikan untuk para eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara di wilayah Bumi Anoa.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio, sebagai respons terhadap adanya informasi beredar mengenai surat edaran Kemensos Nomor 658/MS/DI.00/10/2023 tanggal 17 Oktober 2023, perihal permohonan data yang ke III, berupa SP2D dan by name by address penerima bantuan BBR dan uang tunai untuk korban pengungsi Maluku dan Maluku Utara.

Asrun Lio mengungkapkan bahwa permasalahan terkait pengungsi muncul setelah adanya  surat yang beredar tentang hal tersebut. Surat tersebut seolah-olah mengindikasikan adanya pengiriman dana BBR dari Kemensos ke Pemerintah Provinsi Sultra. Sebagai respons, Pemprov menggelar rapat bersama perwakilan pengungsi pada 9 Januari 2024, yang turut dihadiri  Kepala BPKAD Prov Sultra, Kadis Sosial, Kepala Biro Huku dan perwakilan Lembaga Pengungsi.

“Meskipun Pemprov telah memfasilitasi rapat dan melakukan cross-check melalui rekening koran, tidak ditemukan aliran dana dari Kemensos per tanggal 9 Januari 2024. Dinas Sosial mencatat bahwa penyaluran dana untuk pengungsi Maluku sebelumnya telah terjadi pada tahun 2005 dan 2006,”jelas Asrun.

Ketidakjelasan surat Kemensos tanggal 17 Oktober 2023 menimbulkan kebingungan di masyarakat dan sangat wajar dipertanyakan. Pemerintah Provinsi Sultra telah mengambil langkah proaktif dengan mengirim surat pada 15 Januari 2024 ke Kemensos, meminta audensi dan klarifikasi terkait surat tersebut. Namun, hingga saat ini, belum ada jawaban atau respon dari Kemensos.

“Meskipun belum mendapatkan respon, Pemerintah Provinsi Sultra tetap memantau perkembangan situasi ini dengan keterbukaan untuk memahami kebenaran dan mengatasi ketidakjelasan terkait dana BBR yang disebutkan dalam surat Kemensos,”pungkasnya. (rah)

Tinggalkan Balasan